Health

6 Cara Mengonsumsi Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

By  | 

Teh hijau adalah minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dimana salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Selain mengandung kafein, teh hijau juga mengandung salah satu tipe flavonoid bernama katekin, yang merupakan antioksidan. Baik kafein maupun katekin dipercaya dapat mempercepat metabolisme tubuh. Kafein dan katekin dapat meningkatkan energi yang digunakan oleh tubuh. Selain itu, katekin juga bisa membantu memecah lemak berlebih.

Namun perlu Mamas pahami, meskipun teh hijau dapat memecah lemak berlebih, tetapi meminumnya secara rutin saja tidak cukup untuk membuat tubuh Mamas langsing. Mamas tetap harus mengiringinya dengan gaya hidup sehat lainnya seperti mengatur pola makan yang sehat dengan gizi seimbang, dan tentunya rutin olahraga.

Ketika teh hijau dikonsumsi diantara gaya hidup sehat Mamas, maka manfaatnya untuk menurunkan berat badan akan lebih optimal.

Ketahui aturan minum teh hijau agar dapat membantu melangsingkan tubuh dengan lebih optimal, disini:

1.Rutin minum teh hijau

Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap harinya dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan. Walau begitu, hal ini tak bisa disama ratakan pada setiap orang ya, Mamas. Kadar kafein yang dikonsumsi dan proses metabolisme alami setiap orang yang berbeda membuat hasilnya pun berbeda pada setiap orang.

2.Pilih teh hijau alami

Begitu banyak varian teh hijau yang bisa Mamas pilih. Untuk menurunkan berat badan, saran kami, pilihlah teh hijau yang rasanya tawar dan tidak banyak melalui proses guna mendapatkan nutrisi teh  lebih optimal.

3.Seduh dengan tepat

Untuk mengekstrak lebih banyak kafein dan EGCG (jenis katekin) dari teh hijau, Mamas dapat meningkatkan suhu air dan menambah durasi penyeduhan. Hasi seduhan teh hijau ini tentu rasanya akan sangat pahit, namun lebih optimal untuk menurunkan berat badan.

4.Tidak menambahkan gula

Teh hijau yang tidak mengandung kalori menjadi alasan kenapa ia ampuh membantu menurunkan berat badan. Oleh karena itu, menambahkan gula ke dalam teh hijau sama saja dengan menambah kalori kedalamnya.

5.Konsumsi sebelum berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau 90 menit sebelum berolahraga, dapat meningkatkan tingkat oksidasi lemak secara signifikan saat berolahraga. Oleh karena itu, minumlah teh hijau sebanyak 1-2 cangkir sebelum olahraga.

6.Minum teh hijau setelah makan

Selain sebelum olahraga, Mamas juga dapat mengonsumsi teh hijau setidaknya 30 – 60 menit sebelum makan. Khasiatnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan proses metabolisme tubuh akan mempercepat penurunan berat badan.

Secara umum teh hijau aman untuk dikonsumsi, namun sebaiknya kita tidak meminumnya secara berlebihan ya, Mamas. Hal ini karena dosis kafein yang tinggi dapat memberikan pengaruh buruk terutama bagi Mamas yang memiliki risiko gangguan pada jantung dan tekanan darah tinggi. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares