Health

Cek Risiko Tertular Virus Corona dengan Cara Ini

By  | 

Kini, virus Corona atau Covid 19 yang telah positif di dalam negeri sebanyak 134 kasus. Agar tidak semakin luas menyebar, Pemerintah Pusat menganjurkan warganya untuk tidak sering bepergian dan beraktivitas di rumah secara intens selama 14 hari yang kita kenal melalui #DiRumahAja.

Ada lho, cara mudah Anda mengetahui risiko penularan virus Covid 19 yang dapat dilakukan secara online!

Alodokter & Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyediakan fasilitas online untuk mendeteksi risiko tersebut melalui link CEK GRATIS.

Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap masyarakat, utamanya yang telah bepergian ke negara – negara dengan Virus Covid 19 sebelumnya, dan memeriksa apakah ada gangguan pernapasan yang diderita.

Mamas dapat menjawab beberapa pertanyaan terkait kondisi fisik yang dialami melalui layanan chatbot seperti diatas.

“Virus Corona merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan. Gejala yang timbul bila terinfeksi virus ini bisa ringan sampai berat. Gejala yang ringan umumnya seperti gejala flu, yakni demam, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Sebagian kecil kasus bisa berkembang menjadi berat dan menyebabkan infeksi paru-paru atau pneumonia. Meski begitu, infeksi virus ini juga bisa tidak menimbulkan gejala apa-apa,” demikian yang tertulis pada kolom keterangan website.

Infeksi virus Corona dapat dicegah bila Anda memiliki kondisi dan kekebalan tubuh yang baik. Oleh karena itu, terapkan perilaku hidup sehat setiap hari. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi virus Corona antara lain:

– Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, atau dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol setidaknya 60%, terutama sebelum dan sesudah bersin, batuk, atau makan, juga sehabis dari toilet.

– Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan bagian dalam, lalu segera buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah. – Hindari kontak jarak dekat dengan penderita flu atau batuk. – Konsumsi makanan bergizi seimbang.

– Lakukan olahraga secara rutin dan istirahat yang cukup. – Jangan merokok dan hindari asap rokok.

– Jaga kebersihan lingkungan. Selain menerapkan perilaku hidup sehat, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke tempat yang sudah memiliki kasus infeksi atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus Corona.

Jika mamas mengalami demam, batuk, atau sesak napas, segera lakukan pemeriksan ke tenaga ahli setempat. Stay healthy, Mamas! Sumber: Alodokter (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, dok. Alodokter)

Shares