Interior Design

Tips Memiliki Halaman Rumput yang Indah

By  | 

Memiliki halaman rumah yang luas, tentunya sayang sekali bila tak ditata dengan dengan indah.

Memiliki taman yang luas dengan bunga-bunga yang cantik dan hamparan rumput hijau tak hanya mempercantik rumah Anda, namun juga bisa menjadi area bermain Si Kecil.

“Pengelolaan tanah yang tepat adalah kunci untuk setiap taman,” ujar Kelly Burke, ahli perawatan lahan organik terakreditasi.

Menurut Kelly, tanah yang sehat akan mendukung akar untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Komposisi tanah juga akan menentukan seberapa besar tanah dapat menampung air, dan mempertahankan serta memindahkan nutrisi ke akar tanaman.

Yang perlu Mamas ketahui, tanah berpasir memiliki lebih sedikit nutrisi dan kemampuan dalam menahan air dibandingkan tanah liat. Rumput yang ditanam menggunakan tanah berpasir akan lebih lemah dan akar lebih rentan mengalami kering. Karena itu, ketika Mamas ingin menanam rumput, pastikan tanah di halaman rumah dalam kondisi baik.

Berikut ini adalah beberapa tip bagaimana memiliki halaman rumput yang hijau dan indah:

1.Pilih rumput yang tebal. Agar halaman rumah Anda bisa jadi tempat bermain bagi Si Kecil, sebaiknya tanamlah rumput yang tebal seperti rumput gajah mini, misalnya. Rumput gajah mini memiliki tekstur yang halus, jadi aman sebagai area bermain Si Kecil.

2.Pangkas rumput berkala. Jika rumput mulai tumbuh makin tinggi atau ukurannya mulai tak beraturan, sebaiknya langsung dipangkas ya, Mamas. Selain agar Si Kecil tetap nyaman bermain, halaman Anda pun tetap terlihat rapi dan indah.

3.Rutin disiram. Rumput di pekarangan juga perlu disiram secara rutin karena ia tidak akan tumbuh subur dengan sendirinya. Bahkan rumput dapat mengering lalu mati.

4.Rumput juga perlu diberi pupuk. Pemupukan mampu membantu rumput di halaman tumbuh dengan lebat dan hijau seperti yang Anda inginkan. Jenis rumput memengaruhi pupuk yang apa yang cocok digunakan. Untuk mengetahui jenis pupuk yang tepat, Mamas bisa berkonsultasi dengan tukang kebun atau took tempat dimana Anda membeli rumput. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares