Mind

5 Rekomendasi Self Love Books

By  | 

“A Mother who radiates self love and self acceptance actually vaccinates her daughter against low self esteem,” – Naomi Wolf.

Dibutuhkan proses latihan dalam hal menerima kekurangan diri, tapi bukan berarti tidak bisa. 5 buku ini akan membantu Mamas memahami konsep self love & mempraktikkan langkah – langkah mudahnya.

Happy – Fearne Cotton

Mama dari dua orang anak sekaligus TV personality di Inggris ini sudah menulis beberapa buku, diantaranya: Happy, Calm, Quiet, dan Happy Vegan. “Happy: Finding Joy in Every Day and Letting Go of Perfect” berisi jurnal pengalaman pribadinya saat menjalani aktivitas ganda sebagai working mama & obrolannya dengan para expert seperti psikolog tentang menemukan kembali esensi kebahagiaan hidup.

Menurutnya, salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah mengucap syukur kepada apapun: tubuh, lingkungan, rumah, dan siapa saja yang telah membantu kita menjalani hari ini; termasuk mengucap syukur atas nikmat yang telah diperoleh secara rutin setiap malam.

Goodbye Things – Fumio Sasaki

Konsep “Ma“ diusung penulis asal Jepang ini untuk mendefinisikan ruang kosong di antara, tempat yang bebas dan lapang, di mana kita bisa mengapresiasi hal yang lebih penting. Melalui buku ini, mamas akan diajak untuk memaknai kembali arti benda – benda di sekeliling kita (sama dengan prinsip sparks joy yang dipopulerkan oleh Marie Kondo. Baca juga: Langkah Mudah Metode KonMari untuk Berbenah) apakah membawa kebahagiaan dalam diri? Sasaki menjelaskan bahwa kekosongan yang Ia rasakan ketika sudah merapikan kamar pribadi misalnya, dapat membantunya untuk lebih fokus pada hal – hal penting sehingga dapat menghemat energi untuk melakukan tindakan positif.

Food, Health & Happiness

Buku ini berisi pandangan Oprah tentang hubungan krusial antara asupan makanan dengan keadaan diri, untuk menunjang kebahagiaan. Bila kita mengonsumsi makanan sehat, kita tahu dan semakin peduli dengan kesehatan tubuh yang merupakan bentuk penghargaan. Ia juga bercerita tentang masa kecil dan resep – resep makanan favorit seperti sup jamur hingga olahan salmon dengan teh yang lezat – dapat disajikan dengan mudah dan cepat; tentu saja dengan kandungan nutrisi tinggi. Because your stomach is actually your second brain.

To Heal is To Accept – Adi K.

Buku puisi yang satu ini ditulis oleh penulis asal Indonesia, Adi K. Handy & berisi puisi – puisi dalam bahasa Indonesia & bahasa Inggris, lengkap dengan ilustrasi sehingga mudah untuk dibaca dalam segala suasana. Membantu kita untuk memaknai kembali arti kata maaf; bahwa untuk membebaskan diri dari beban di masa lalu adalah dengan cara menerima segala kekurangan diri, atau bahkan menerima berbagai kondisi yang tidak dapat diubah kembali.

The Things You Can See Only When You Slow Down – Haenim Sunim

Buku ini ditulis oleh biksu Budha dengan pemikiran yang sangat terbuka dan lintas agama; bersifat universal sehingga bisa dinikmati oleh siapapun pembacanya. Melalui pendekatan mindfulness, Haenim mengupas berbagai topik keseharian seperti bila berpasangan dengan suami/istri yang berbeda agama, hingga saran untuk menerima diri apa adanya, seperti awal sejak kita dilahirkan di dunia tanpa membawa sifat apapun. Ia mengingatkan kembali bahwa memang saat ini dunia sudah bergerak begitu cepat. Apakah kita juga harus demikian? Ada hal – hal yang hanya bisa dinikmati justru ketika sedang tidak melakukan apa – apa. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares