Health

Tips Merawat Gigi Bayi

By  | 

Gigi mungil Si Kecil juga butuh perawatan agar pertumbuhannya optimal dan bebas dari masalah gigi.

Gigi tumbuh di usia berbeda – beda pada setiap anak. Ketika gigi Si Kecil tumbuh, pastikan bahwa Anda merawatnya dengan baik ya, Mamas! Karena perawatan yang salah bisa mengakibatkan pertumbuhan gigi Si Kecil jadi tidak optimal. Ia pun berisiko mengalami gigi berlubang dan sakit gigi yang tentu rasanya tak nyaman.

Yuk, lakukan beberapa tips berikut ini untuk merawat gigi Si Kecil:

1.Berikan susu menggunakan gelas

Si Bayi mungkin masih tergantung dengan botol ketika minum ASI/susu. Ada baiknya saat ini Anda mulai mengenalkan Si Kecil untuk minum menggunaan gelas, atau setidaknya menggunakan sedotan di awal-awal transisi dari botol ke gelas. Cara ini patut dilakukan karena Mamas memberikan Si Kecil susu atau minuman lainnya seperti jus misalnya, ketika ia tertidur saat minum dengan botol maka sisa gula pada susu dan jus masih berada didalam mulutnya. Sisa gula ini bisa mengakibatkan karies yang bisa membuat gigi Si Kecil nantinya menjadi cepat berlubang.

2.Beri air putih setelah makan

Jangan lupa ya Mamas, setelah makan, biasakan untuk member Si Kecil air putih. Gunanya adalah untukmelarutkan sisa makanan yang mungkin masih berada didalam mulut. Sisa makanan yang berada di sela-sela gigi ini jika dibiarkan, bisa mengundang bakteri yang kemudian bisa mengakibatkan gigi berlubang. Begitu pula setelah minum susu dan jus, larutkan gula dalam rongga mulutnya dengan air putih.

3.Perkenalkan sikat gigi

Gigi yang mengenalkan sikat gigi pada anak sejak dini juga bisa Mamas lakukan. Hal ini berguna agar ia sedari awal sudah memahami bahwa giginya perlu dibersihkan. Beri  ia sikat gigi khusus bayi. Lalu contohkan bagaimana cara menyikat gigi.

4.Berkunjung ke dokter gigi

Biasakan untuk mengunjungi dokter gigi bukan hanya saat gigi bermasalah. Sama seperti bagian tubuh lainnya, gigi pun juga memerlukan perawatan rutin. Perawatan yang dilakukan secara rutin sejak awal, diharapkan dapat meminimalisir risiko seseorang mengalami keluhan pada giginya. Tanamkan kebiasaan ini pada Si Kecil sejak dini ya, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares