Interior Design

Jaga Nutrisi Makanan dengan Penyimpanan yang Tepat dalam Lemari Es

By  | 

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi keluarga, tentunya makanan yang kita asup haruslah kaya nutrisi dan tetap segar saat disajikan.

Yes Mamas, kesegaran adalah salah satu indikasi kesempurnaan nilai gizi yang terkandung dalam bahan makanan. Namun seperti kita ketahui, karakter unik buah dan sayuran membuat kedua bahan makanan ini cepat mengalami proses pembusukan dan tidak lagi layak dikonsumsi. Oleh karena itu, perlu perlakuan khusus dalam penyimpanannya, agar kesegaran dan nutrisi pada buah dan sayur tetap terjaga.

Karena itu, kehadiran sebuah lemari es tidak lagi dipandang hanya sebagai pelengkap peralatan rumah tangga saja. Lemari es kini telah bertransformasi menjadi piranti primer yang perannya tidak hanya untuk menyimpan bahan makanan, tapi juga berkontribusi dalam menjaga kualitas asupan nutrisi keluarga.

Tips Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas

Walau begitu, menyimpan bahan makanan di lemari es juga tak bisa asal saja. Ingat ya mamas, tak semua bahan makanan baku bisa dimasukkan ke dalam lemari es. Alih-alih ingin menjauhkan bahan makanan Anda dari mikroba, bakteri, atau virus, bisa jadi Anda justru akan menuai penyakit.

Berikut tips bagaimana menyimpan bahan makanan di dalam lemari es:

1.Tidak semua sayur dan buah bisa disimpan di lemari es. Pembusukan sayur juga bisa terjadi bila terpapar embun atau basah. Itu sebabnya tidak semua jenis sayuran dan buah dapat disimpan di dalam lemari es. Salah satu contoh buah yang tidak boleh disimpan di dalam lemari es adalah tomat. Karena tomat akan berubah lembek dan lekas membusuk jika disimpan di dalam lemari es.

2.Hindari menyimpan buah yang belum matang. Meletakkan alpukat dan pisang di dalam lemari es justru memperlambat proses menjadi lebih matang. Untuk proses pematangan, buah butuh udara lebih hangat.

3.Jangan menyimpan makanan matang berdekatan dengan bahan mentah. Jangan meletakkan makanan matang berdekatan dengan barang mentah. Aroma dari bahan mentah bisa terpapar ke makanan matang dan untuk mengurangi potensi cemaran mikroba di dalam lemari es.

4.Tutup makanan saat disimpan di dalam lemari es. Agar tak memicu berkembangnya mikroba, biasakan untuk menutup makanan yang disimpan dalam lemari es. Begitu pula dengan makanan kaleng yang sudah dibuka, jangan biarkan tersimpan lebih dari sehari di dalam lemari es.

5.Kemas sayur dan buah. Sayuran akan terjaga kesegarannya apabila dikemas dalam wadah yang kedap udara. Begitupula dengan buah, anggur, berry, dan buah berkulit tipis lainnya.

Selain letak penyimpanannya, lemari es dengan teknologi terdepan juga sangat penting. Jangan sampai, mama sudah menyimpan bahan makanan dengan baik, namun lemari es Mama tidak menunjang.

Apalagi Mama dengan kesibukan dan mobilitas yang tinggi, dimana seringkali tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja. Lemari es yang dipilih harus memiliki teknologi yang mumpuni dalam menjaga kesegaran bahan makanan yang disimpan untuk waktu yang lama.

MODENA Smart Sensor Refrigerators

Pada bulan Agustus yang lalu, MODENA yang dikenal konsisten berinovasi mengembangkan teknologi penunjang gaya hidup sehat, meluncurkan lini lemari es MODENA Smart Sensor Refrigerators, yang memiliki kemampuan istimewa berkat sensor pintar di dalamnya.

“Kata Smart Sensor merujuk pada penanaman teknologi sensor pintar, yang bertugas  mengintegrasikan seluruh fitur yang ada, sehingga lemari es akan bekerja secara optimal,” ujar Hendrik Senjaya, Product Marketing Manager PT.MODENA Indonesia.

Smart Sensor akan mendeteksi berbagai kondisi yang berpotensi mempengaruhi kestabilan suhu lemari es, seperti proses evaporasi, intensitas kegiatan membuka dan menutup pintu, tingkat kelembaban, hingga  naik maupun turunnya temperatur ruangan. Selanjutnya, sensor pintar ini akan mengatur kinerja seluruh fitur, agar suhu lemari es tetap stabil sesuai dengan pengaturan.

“Tantangan besar penyimpanan makanan dalam jangka waktu panjang adalah fluktuasi temperatur. Suhu yang stabil menjadi kunci akan kesegaran bahan makanan. Ini membuat MODENA Smart Sensor Refrigerators sangat cocok bagi masyarakat modern dengan mobilitas tinggi. Pengguna dapat berbelanja sekaligus dalam kuantitas banyak tanpa khawatir akan turunnya nilai gizi bahan makanan ketika disimpan dalam lemari es untuk waktu yang lama,” lanjut Hendrik Senjaya.

Intelligent Compresor menggunakan teknologi inverter, yang diklaim mampu menurunkan tingkat konsumsi energi lebih dari 20% dibanding lemari es konvensional. Selain itu, kompresor inverter juga dikenal memiliki daya tahan lebih prima dibanding non-inverter.

Ini menjadikan MODENA Smart Sensor Refrigerators tidak sekadar hemat listrik, namun juga memiliki usia pakai yang lebih baik.

MODENA Smart Sensor Refrigerators juga dilengkapi Multiflow Cooling System yang memastikan proses pendinginan tersebar merata hingga ke sudut ruang dalam lemari es. Dengan adanya sistem ini, pengguna bebas menentukan peletakan bahan makanan, tanpa harus khawatir akan perbedaan suhu di tiap kompartemen.

Terdapat pula Fresh Keeper, yaitu laci khusus  untuk menyimpan buah dan sayur, yang dilengkapi dengan Humidity Control atau pengatur kelembapan.

Untuk jaminan kehigienisan bahan makanan secara maksimal, MODENA membenamkan teknologi LTC Sterilization dalam MODENA Smart Sensor Refrigerators. Teknologi ini sekaligus menjamin bahan makanan bebas bakteri serta menetralisir bau tidak sedap.

MODENA menawarkan lima tipe dalam lini MODENA Smart Sensor Refrigerators, berdasarkan jenis, kapasitas, serta dimensi lemari es. Smart Sensor Refrigerators tipe ARGENTO – RF 4540 S adalah tipe lemari es Multidoor yang hadir dalam kapasitas 460 liter. Menyusul kemudian, tipe VETROLIA – RF 2555 L yang memiliki kapasitas yang paling besar yaitu 552 liter. Hadir pula  lemari es jenis Bottom Frezzer, dalam dua tipe yaitu tipe yaitu ARGENTO – RF 2336 S dan ARGENTO – RF 2335 S yang masing – masing memiliki kapasitas 336 liter dan 315 liter. Tak ketinggalan tipe Top Freezer dua pintu ARGENTO – RF 2255 S yang memiliki kapasitas cukup besar yaitu 510 liter.

Keseluruhan varian dalam lini Smart Sensor Refrigerators memilki pusat kendali layar sentuh yang modern dan mudah dioperasikan. Berbagai pilihan program dapat disetel tanpa harus menjangkau bagian dalam lemari es.

Kemampuan menjaga kualitas bahan makanan, efisiensi konsumsi energi, dan sematan fitur – fitur canggih adalah perpaduan sempurna yang menjadikan MODENA Smart Sensor Refrigerators pilihan tepat bagi keluarga Mama. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com, MODENA)

Shares