Career

Tip Hindari Kaki Bengkak pada Calon Mama Bekerja

By  | 

Pembengkakan yang terjadi selama kehamilan seringkali dialami calon mama. Ada dua hal yang jadi penyebab utama pembengkakan selama kehamilan, yakni karena retensi air dalam tubuh dan adanya peningkatan volume darah. Bagi Anda, calon mama bekerja yang mayoritas waktunya dihabiskan duduk di belakang meja, juga berisiko tinggi mengalami pembengkakan pada bagian kaki. Dan untuk menghindari ini terjadi, berikut beberapa tip yang bisa Anda coba, Mams to be.

  1. Banyak bergerak. Duduk di belakang meja untuk waktu lama akan meningkatkan retensi air dalam tubuh, yang kemudian bisa memicu terjadinya pembengkakan. Maka, rajinlah berdiri atau berjalan santai di sekitar ruang kerja setiap satu jam misalnya, untuk menghindari pembengkakan.
  2. Luruskan kaki. Menekuk atau menyilangkan kaki dalam waktu lama dan duduk dalam posisi kaki tergantung juga membuat sirkulasi darah jadi tak lancar. Karena itu, letakkan bangku kecil di bawah meja dan letakkan kaki Anda diatasnya agar posisi kaki bisa lurus.
  3. Gunakan alas kaki yang nyaman. Hindari mengenakan sepatu atau sandal berhak tinggi. Memaksakan diri menggunakan sepatu berhak tinggi, baik high heels atau wedges, hanya akan memperparah bengkak pada kaki Anda. Pilih sepatu flat yang pas dan nyaman di kaki Anda.
  4. Lakukan peregangan. Peregangan dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga dapat mengurangi risiko kaki bengkak. Luruskan kaki, dan lakukan gerakan memutar pada pergelangan kaki secara bergantian. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares