Health

Natural Kids Remedies for Cough & Flu

By  | 

Tidak memberikan obat – obatan kimia menjadi salah satu pilihan bagi orangtua masa kini untuk menyembuhkan batuk & pilek yang dialami anak – anak. Berikut beberapa pilihan alternatif rekomendasi Smart Mama, hasil sharing dari sesama mama di komunitas.

Uap minyak kayu putih

Salah satu terapi yang disarankan untuk melegakan pernapasan Si Kecil terutama saat hendak beristirahat adalah memberikan uap panas dari minyak kayu putih. Minyak kayu putih merupakan antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, antiinflamasi, dan dekongestan, sehingga menjadikannya bahan yang baik dan diperlukan dalam pembuatan obat-obatan terkait masalah pernapasan. Mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai minyak penghangat.

Siapkan 1 baskom air panas dan teteskan minyak kayu putih, letakkan dekat dengan tempat tidur untuk menghangatkan ruangan.

Jemur panas matahari

Nah, terapi yang satu ini harus dilakukan dengan teratur setiap hari, minimal selama 1 minggu. Pada waktu sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh. Siap – siap beraktivitas di bawah sinar matahari pukul 8 – 10 pagi, yuk!

Aromaterapi

Beberapa produk aromaterapi sudah mengeluarkan varian khusus cough & flu untuk anak – anak, sehingga aman digunakan. Mamas bisa memanfaatkannya menggunakan difuser atau dioleskan langsung di area dekat dengan saluran pernapasan.

Atau, aroma campuran cedarwood + frankin yang dapat membantu melegakan pernapasan selama batuk/pilek.

Respimer

Respimer adalah cairan semprot hidung untuk membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak yang terkena flu. Tidak perlu khawatir, karena mengandung 100% air laut St. Malo, Perancis dengan 80 mineral dengan kandungan kalsium, magnesium, dan kalium yang baik untuk hidung.

Father gives his 4 month old son a gentle massage around his chest and stomach area showing nurturing, caring and bonding time with father and baby

Minyak kutus – kutus

Minyak yang satu ini sangat populer belakangan ya di kalangan para mama. Mengandung zat anti inflamasi/peradangan, anti neuralgic, anti jamur, anti bakteri dan anti oksidan, dibuat secara tradisional dengan menggunakan bahan dasar minyak kelapa asli dan campuran 48 jenis tanaman herbal berkhasiat lainnya tanpa bahan kimia.

Salah satu manfaatnya adalah menyembuhkan peradangan, memberikan efek kehangatan pada tubuh, hingga gangguan pencernaan. Pijat dan balur seluruh tubuh, aman digunakan setiap hari.

Nebulizer

Alat yang satu ini umum digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pernapasan mulai dari batuk, asma, hingga terapi untuk infeksi paru. Ada 2 pilihan untuk menggunakannya, diantaranya di Rumah Sakit dan di rumah. Nebulizer adalah alat medis untuk mengubah obat cair menjadi uap agar lebih mudah dihirup oleh paru-paru. Alat ini akan mengantarkan obat cair dalam bentuk butiran uap air yang sangat kecil supaya langsung masuk ke dalam paru-paru.

Jadwalkan perawatan di rumah selama 15 menit secara teratur setelah makan dan sebelum tidur, baca aturan pakai jika mamas memutuskan untuk menggunakannya di rumah, ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares