Health

Manfaat Menjaga Asupan Nutrisi di Trimester Akhir Kehamilan

By  | 

Bila di trimester awal dan kedua kehamilan Anda cenderung memanjakan diri dalam memenuhi keinginan ngidam, maka di trimester akhir ini Anda masih punya kesempatan untuk kembali menjaga pola makan dengan baik. Hal ini perlu dilakukan karena menurut sebuah studi yang dipublikasi oleh Cell, trimester ketiga kehamilan adalah waktu yang tepat bagi calon mama untuk menjaga asupan makanannya, karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat berpengaruh pada kesehatan bayi setelah ia lahir nanti.

Para peneliti menemukan bahwa pada percobaan yang mereka lakukan pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak selama menyusui – setara dengan kehamilan trimester ketiga pada manusia – memiliki peningkatan risiko kelebihan berat badan sepanjang hidup mereka. Dari sini dapat terlihat, bayi yang lahir dari ibu yang mengonsumsi banyak lemak mengalami perubahan di hipotalamus, bagian dari otak yang mengatur metabolisme. Dan hal ini tidak berpengaruh apakah Si Mama memiliki tubuh yang gemuk atau kurus.

Woman with pregnant belly deciding on cake or salad

“Trimester akhir kehamilan adalah masa penting bagi pertumbuhan metabolisme bayi di dalam kandungan. Pada saat itu otak yang berhubungan dengan proses metabolisme tubuh sedang berkembang,” ujar Tamas Horvath, PhD, Profesor dari Yale University School of Medicine, dan co-author dari hasil penelitian tersebut.

Walau begitu, Anda tak harus memangkas total kandungan lemak dalam makanan, Mams. “Lemak sehat sangat penting di trimester ketiga kehamilan karena dapat mendukung kesehatan kehamilan dan juga mempersiapkan proses menyusui setelah bayi lahir nanti,”jelas Rebecca Scritchfield, R.D. ahli prenatal care yang juga founder Capitol Nutrition Group. Kuncinya adalah fokus pada lemak sehat yang terkandung di dalam makanan seperti kacang, biji-bijian, Alpukat, minyak zaitun, telur, salmon, yogurt dan keju. Juga, hindari lemak dari makanan olahan dan kemasan ya, Mamas to be! (Tammy Febriani/YA/Photo: Istockphoto.com)

Shares