Career

Mindful Steps untuk Tingkatkan Kualitas Hubungan dengan Rekan Kerja

By  | 

Mindfulness menjadi sebuah tren baru yang berhasil menyatukan karyawan, dan saling memandu satu sama lain untuk bersama – sama meraih target perusahaan. Serunya, konsep ini bisa dipelajari kok, Mams!

Mindfulness adalah kesadaran akan apa yang terjadi dalam diri kita dan di sekitar kita pada saat ini.

Tim Wesfix, dalam bukunya “Mindfulness for Success” menuliskan beberapa langkah latihan yang bisa diterapkan oleh kita, working mama, untuk memaksimalkan komunikasi dengan rekan kerja:

Morning briefing. Dengan tujuan untuk saling memahami satu sama lain, luangkan waktu sekitar 10 – 30 menit pada pagi hari sebelum memulai pekerjaan, untuk saling berbagi pengalaman atau hanya sekedar info. Pastikan semua orang berpartisipasi dan membagikan vibe yang positif.

2 Menit dalam meeting untuk hening. Sebelum meeting dimulai, luangkan waktu 2 menit untuk saling duduk diam dengan tujuan setiap orang diajak untuk mempersiapkan diri; meninggalkan problem – problem dan kegusaran, lalu siap memberi aspirasi.

Budaya mendengarkan. Dengan tujuan untuk membentuk pribadi yang sabar dan tenang, buatlah kesepakatan untuk selalu diam, dan mendengarkan dengan seksama ketika orang lain berbicara.

Membuat jurnal perusahaan. Secara bergiliran, setiap orang harus menulis jurnal tentang apa yang terjadi hari itu di perusahaan, dengan tujuan menyadari arah dan atmosfer perusahaan, serta perasaan memiliki perusahaan.

Memperkuat sense of belonging. Cara ini bisa dilakukan dengan mengingat momen – momen pribadi masing – masing karyawan dan memberi perhatian, seperti momen ulang tahun. Tujuannya? Untuk menumbuhkan kesadaran bahwa setiap orang adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah perusahaan.

Dengan latihan rutin, Tim percaya bahwa kesadaran bersama akan semakin bisa ditumbuhkan, sekalipun dalam lingkungan kerja. Selamat mencoba! (Nathalie Indry/KR/Photo: Various, Istockphoto.com)

Shares