Finance

10 Cara Hemat Belanja Fashion (But Still Fashionable)

By  | 

Mamas, Anda tentu ingin terus tampil gaya dalam berbagai kesempatan. Namun, let’s face it, biaya hidup kian meningkat, serta kebutuhan keluarga yang kian hari semakin bertambah, membuat kita harus menyiasati pengeluaran termasuk biaya fashion. Tapi jangan khawatir, Mams, 10 trik berikut bisa Anda coba. Hemat, tetapi tampilan tetap maksimal!

Jual fashion items yang sudah tidak terpakai

Dari hasil penjualan tersebut, Anda bisa membeli barang baru. Jadi tidak perlu menggunakan uang bulanan Anda untuk belanja fashion kan? Gunakan sosial media atau berbagai jasa market place untuk menjual barang-barang preloved Anda.

Belanja saat sale


Tabung dulu uang Anda hingga musim sale tiba. Gunakan tabungan tersebut untuk belanja bersama keluarga kala great sale tiba. Potongan harga 50-70% tentu sangat membantu berhemat.

Kunjungi toko preloved


Biasanya Anda akan menemukan banyak baju atau barang unik, branded, dan pastinya low price. Bingung belanja preloved dimana? Bagi Mamas yang tinggal di Jakarta Anda bisa ke pasar santa, pasar poncol atau area Tanjung Priok. (Tunggu review dari Smart Mama seputar preloved shops)

Baca petunjuk perawatan baju sebelum membeli


Beberapa baju maupun fashiom items lain memiliki aturan tertentu dalam hal perawatan. Pastikan perawatan yang harus dilakukan tidak memberatkan kantong Anda. Misalnya, baju tersebut hanya bisa dicuci dengan cara dry clean yang tentunya cukup mahal.

Bertukar baju dengan para sahabat


Mams, ini ide bagus lho. Anda dan para sahabat bisa saling tukar baju secara berkala. Apalagi jika size Anda dan para sahabat tidak berbeda jauh. Secara berkala, baik Anda maupun the girls seperti memiliki baju baru.

Perbanyak fashion items yang klasik dan simpel

Koleksi fashion items yang sedang tren cenderung lebih mahal dan cepat ketinggalan zaman. Pilihan fashion items yang simpel dan klasik lebih timeless dan tentu membantu Anda lebih hemat.

Permak baju lama menjadi baju baru


Misalnya celana panjang yang sudah tidak terpakai menjadi celana pendek.  Dress lama Anda bisa diubah menjadi lebih kekinian dengan memotongnya menjadi dress midi, dan sebagainya. Manfaatkan keuntungan kita hidup di Indonesia, tukang jahit ada dimana-mana dengan harga terjangkau!

Sewa baju untuk acara formal


Untuk acara penting namun hanya sekali-sekali, seperti pesta pernikahan, peresmian, pesta kostum anak atau acara penting lain lebih baik sewa saja. Membeli akan jauh lebih mahal dan setelahnya toh Anda tidak akan menggunakannya lagi.

Coba berbelanja di kids (teenage) section


Baju anak relatif lebih murah, dan beberapa items untuk anak remaja usia 14-16 misalnya bisa juga kita kenakan. Apalagi jika tubuh Anda tergolong mungil. 

Buat list saat akan berbelanja

Layaknya grocery shopping, membuat list belanja fashion juga penting and stick to it. Hal ini sangat membantu Anda untuk berhemat.

Bagaimana dengan Anda, Mams? Yuk share with us, bagaimana sih cara Anda berhemat membeli pakaian dan fashion items lainnya? (Karmenita Ridwan/Photo: istockphoto.com, pinterest)

Shares