Parenting

5 Pelajaran Parenting Abah & Emak “Keluarga Cemara”

By  | 

Film Keluarga Cemara & #KembaliKeKeluarga belakangan ini menjadi viral dan tontonan wajib keluarga Indonesia karena pesan positif serta jujur yang ditampilkan melalui cerita. Anda pasti setuju ya, Mams? Berikut 5 pelajaran parenting dari Abah & Emak yang bisa kita contoh.  

1. Jujur. Sangat esensial perannya untuk membina komunikasi yang baik dengan sesama anggota keluarga, kejujuran dapat dilatih sejak usia dini melalui contoh. Bercerita tentang keseharian bisa jadi langkah awal untuk memulainya, sehingga anak – anak dapat terbiasa bercerita kepada orangtua. Dalam hal ini, Abah & Emak mengajak anak – anak untuk berbicara dari hati ke hati mengenai kondisi ekonomi keluarga yang sedang terpuruk.

2. Menjadi penyeimbang saat pasangan sedang emosi. Adegan saat Abah sedang marah kepada Euis dan Emak memilih untuk diam adalah salah sekalipun ingin membela adalah salah satu contoh positif yang bisa kita terapkan di rumah. Emak kemudian mengajak Abah berdiskusi dengan kepala dingin untuk menenangkan suasana.

3. Negosiasi = Solusi. Belajar dari pengalaman Euis yang melawan keputusan Abah & tetap menemui teman – temannya dari Jakarta, kita dapat berkaca bahwa yang terpenting dari berkomunikasi dengan remaja adalah dengan melakukan negosiasi agar tidak merugikan salah satu pihak.

4. Ayah = Also a Good Listener. Memposisikan diri sebagai pendengar yang baik & dekat dengan anak – anak kini tidak lagi menjadi tugas utama para mama. Yuk encourage para papa untuk dapat melakukan pendekatan personal dengan mereka, seperti yang dilakukan Abah kepada Euis saat Ia sedang sedih & kecewa dengan perlakuan teman – temannya di sekolah.

5. Meluangkan waktu rutin untuk berkomunikasi dengan seluruh anggota keluarga. Dalam film ini, meja makan menjadi spot favorit seluruh anggota keluarga untuk berkumpul dan saling bercerita, mendiskusikan berbagai hal, dan berlaku bagi anak – anak untuk berbicara kepada Abah & Emak. Waktunya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, saat sarapan atau makan malam.

Nah, kalau menurut Anda, pelajaran parenting apa yang bisa kita dapatkan dari film keluarga yang satu ini, Mams? (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

 

Shares