Beauty & Style

Khasiat Retinol Untuk Cegah Penuaan Kulit

By  | 
Mams, apakah Anda sering menggunakan produk kecantikan wajah yang digunakan untuk perawatan pada malam hari ? Pernahkah Anda perhatikan keterangan maupun kandungan yang tertera pada labelnya? Jika anda teliti mungkin anda pernah melihat atau mengetahui tentang kata retinol.
Ya, retinol ataupun nama yang lainnya adalah nama yang populer dan efektif untuk digunakan sebagai perawatan pada malam hari. Retinol ini merupakan jenis dari vitamin A dan seperti yang kita ketahui sangat baik digunakan  untuk kesehatan kulit.

1. Vitamin A untuk kulit wajah
Retinol adalah nama lain dari vitamin A dan merupakan bahan paling efektif yang dapat menyerap ke dalam kulit. Bahan ini dapat berhubungan langsung dengan sel kulit bagian manapun dan membuat kulit terlihat sehat sekaligus lebih muda. Retinol juga merupakan bahan yang efektif karena saat diserap kulit, komponennya dipecah dan berubah menjadi asam retinoat yang dapat mengontrol sel-sel kulit secara langsung.

2. Terlihat Lebih Muda
Retinol sendiri merupakan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang membuat kulit terlihat lebih tua. Termasuk mencegah keriput dan menambah produksi kolagen dalam kulit.Retinol memiliki struktur molekul yang sangat kecil, oleh karena itu retinol bisa diserap hingga pada lapisan kulit yang paling dalam untuk mengatasi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, retinol juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit, menyamarkan garis-garis halus dan menambah kelembaban kulit.

3. Mengontrol Jerawat
Retinol juga sering digunakan pada produk-produk skincare yang berhubungan dengan jerawat. Menggunakan retinol pada jerawat juga dapat membuat jerawat lebih cepat mengering sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu juga dapat memudarkan sekaligus mencerahkan bekas jerawat yang sudah mengering.

Walaupun retinol terdengar seperti bahan yang wajib ada pada kandungan produk skincare, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memakainya:

  • Perlu diperhatikan bahwa tak semua orang cocok menggunakan produk yang mengandung retinol karena dapat menyebabkan iritasi. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, konsultasikan dengan dokter kecantikan terlebih dulu sebelum membeli produk yang mengandung retinol. Lihat juga kandungan bahan lainnya dan pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang memperparah iritasi.
  • Retinol bisa digunakan secara bebas pada produk-produk kecantikan, sedangkan retinoid memerlukan resep khusus dari dokter. Hal ini dikarenakan retinoid bekerja lebih keras dibandingkan retinol. Mulailah dengan produk-produk yang mengandung retinol terlebih dulu untuk membiasakan kulit. Jika kulit Anda telah terbiasa, Anda bisa naik ke level selanjutnya menggunakan produk yang mengandung retinoid dengan resep dari dokter.
  • Walaupun retinol dapat diserap langsung oleh lapisan kulit yang paling dalam sekalipun, peningkatan pada tekstur kulit tak bisa dirasakan secara instan. Para wanita yang telah menggunakan produk retinol maupun retinoid mengaku mengalami peningkatan pada tekstur kulitnya setelah 6 bulan hingga 1 tahun. Pastikan Anda terus memakainya secara rutin untuk hasil yang memuaskan. (Yosi Avianti/Photo : Istockphot0.com)

 

Shares