Parenting

Balita Kecanduan Gadget? Lakukan Langkah Ini

By  | 

Pada awalnya hanya bermaksud memperkenalkan berbagai tayangan edukasi untuk menghibur, tapi lama – kelamaan kok Si Balita malah menghabiskan lebih banyak waktunya dengan bermain gadget? 

Youre not the only one who feels this way. 

Sekalipun saran dari para ahli mengatakan bahwa anak – anak dibawah usia 1 tahun sebaiknya sama sekali tidak terpapar gadget; usia 1 – 5 tahun maksimal hanya boleh terpapar gadget selama 1 jam dalam sehari, tapi pada kenyataannya kita malah menemukan kesulitan saat harus memberikan kontrol dalam penggunaannya. True? 

12-50-59-9781939629050 - Copy

Bill Ratner, seorang voice over artist Hollywood, penulis buku “Parenting for the Digital Age” yang juga telah mempelajari ilmu media awareness dan efeknya kepada anak – anak mengungkapkan bahwa saat ini, cepat atau lambat kita tidak akan bisa memisahkan diri dengan gadget. “Gadget, teknologi dan hiburan yang terkandung di dalamnya akan menjadi candu bagi anak – anak, karena mereka akan terbiasa menikmati berbagai tayangan yang memanjakan mata dan pendengaran.”, ujarnya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah kecanduan gadget pada mereka?

Berikut adalah 5 langkah mudah yang disarankan Bill untuk Anda lakukan, Mams:

1. Segera setelah sampai di rumah, charge semua peralatan gadget Anda, sehingga Si Kecil tidak menemukan kesempatan untuk memainkannya.

2. Tetapkan peraturan bersama untuk meninggalkan aktivitas mengonsumsi gadget, misalnya pukul 7 malam. Lakukan hal yang sama pada diri Anda ya, Mams. Ingatlah bawa anak – anak akan menjadikan Anda role model.

3. Luangkan waktu (secara rutin) untuk beraktivitas di luar ruangan setiap sore atau pagi hari. 

4. Sediakan permainan yang bersifat tangkas pikiran, artinya dibutuhkan tingkat konsentrasi dan fokus yang cukup tinggi untuk melakukannya. Misalnya puzzle/menyusun balok.

5. Kurangi durasi penggunaan gadget secara perlahan. Lucky you, di usianya saat ini, perhatian anak – anak masih akan dengan mudah teralihkan oleh berbagai hal (bentuk permainan/alat bermain) yang menarik, apalagi yang terlihat secara fisik dan memiliki kontur warna menarik.
Little boy resting his feet on the wall looking at a tablet

Masih ada kesempatan untuk kita memperbaiki kecenderungan negatif ini kok, Mams. Namun sebelumnya, ketahui dulu apakah mereka memang telah Kecanduan Gadget melalui (Quiz: Apakah Si Balita Kecanduan Bermain Gadget?). Dikatakan perlu mendatangi ahli untuk melakukan konsultasi jika mereka sudah benar – benar tidak dapat dipisahkan dari gadget dan bentuk permainan digital yang membahayakan, serta dapat menghambat pertumbuhannya (Baca: Dampak Negatif Kecanduan Gadget Pada Si Kecil).

Shares