Style

Seribu Manfaat Baby Oil

By  | 

Baby oil merupakan salah satu perlengkapan terpenting bayi yang harus selalu tersedia dirumah. Hal ini dikarenakan baby oil akan sering digunakan dalam perawatan sehari – hari, terutama untuk kesehatan kulit bayi.

Baby oil mempunyai peran penting dalam perawatan kulit. Manfaat baby oil untuk buah hati Anda, antara lain ;

1. Menjaga kelembapan kulit bayi. Anda cukup  mengoleskan baby oil secara merata pada kulit bayi yang kering dan sambil dipijat perlahan agar baby oil meresap secara sempurna. Dengan ini kulit bayi anda tetap terjaga kelembapannya.

2. Mengurangi lecet di pangkal paha bayi. Bagi bayi yang baru lahir, frekuensi buang air besar dan pipis tidak beraturan dan sering. Hal ini membuat kelembaban yang tinggi pada bagian popok bayi dan  dapat menyebabkan lecet di pangkal paha. Untuk mencegah lecet dipangkal paha bayi dapat dengan cara mengoleskan baby oil dibagian lipatan pangkal pahanya, ya, Mams.

3. Membersihkan kerak kepala bayi. Pada umumnya bayi yang baru lahir sering terjadi pembentukkan kerak dikepala, kerak ini seperti serpihan kulit kering persis ketombe berwarna kehitaman. Serpihan ini harus dibersihkan karena semakin dibiarkan akan semakin tebal dan sulit untuk dihilangkan. Cara membersihkannya sangatlah mudah, cukup dengan membersihkan kepala bayi dengan air hangat, setelahnya oleskan baby oil secara perlahan dan merata pada kepala bayi lalu diamkan selama 10 – 15 menit, kemudian pijat dengan lembut kepala bayi. Perlu diperhatikan, Anda dianjurkan melakukan pijatan pelan dan merata karena jika terlalu memberikan penekanan dikhawatirkan akan menimbulkan luka pada kulit bayi. Setelah selesai memijat lalu bilas dengan air besih dan keringkan menggunakan handuk lembut.
4. Mencegah kulit kering. Agar kulit buah hati Anda senantiasa halus dan lembut, baby oil dapat digunakan untuk mengurangi pembentukan kulit kering pada bayi, cara penggunaanya cukup dengan meneteskan baby oil secukupnya kedalam bak mandi bayi. Jika penggunaan sabun mandi yang berlebihan akan berdampak kulit bayi menjadi kering dan kusam jadi perlu ditambahkan secukupnya baby oil saat si kecil mandi. Baby oil dibutuhkan juga dalam membersihkan bagian khusus tubuh bayi, seperti di bagian daun telinga, pusar, lipatan – lipatan kulit bayi seperti di leher, paha, dan siku yang berguna untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares