6 Ide Tempat Liburan Anak di Jakarta

By  | 

Menghabiskan weekend tak harus dengan bepergian jauh. Apalagi, kali ini liburan sekolah anak bertepatan dengan bulan puasa. Beberapa ide lokasi liburan anak di Jakarta dan sekitarnya bisa menjadi tempat asyik menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

1. Ekowisata di Pantai Indah Kapuk

Nama lokasi ekowisata ini adalah Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kawasan pelestarian alam ini menawarkan pengalaman baru, yaitu menikmati keindahan hutan di kota Jakarta. Menempati area hampir 100 Ha, wilayah ini didominasi mangrove yang berfungsi meredam banjir.Terdapat beragam jenis mangrove di TWA Angke Kapuk, di antaranya Api-api, Bidara, dan Bakau. Ada pula jenis-jenis fauna, seperti pecuk ular, kawok maling, kuntul putih, kuntul kerbau, ikan glodok, udang bakau, kepiting, hingga biawak. Seru, lo, untuk ide liburan anak di Jakarta yang mendekatkan Anda dan buah hati pada alam!

20141222124457

2. Museum Layang-layang

Terletak di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, museum ini sangat menarik dikunjungi bersama buah hati. Terdapat lebih dari 500 koleksi layang-layang dalam bentuk kerangka unik, seperti ikan, kumbang, dan menggunakan aneka bahan anyaman.Koleksi layang-layang dibagi tiga, yaitu layang-layang tradisional, kreasi, dan olahraga. Museum ini menjadi museum layang-layang ketiga di dunia setelah China dan Malaysia. Si Kecil juga bisa membuat layang-layang di sini.

 

layang

3. Taman Margasatwa

Anak-anak pasti tak menolak bertemu sekelompok hewan lucu yang menggemaskan. Ajaklah mereka bertualang ke Taman Margasatwa Ragunan. Berangkatlah pagi hari karena udara masih terasa sejuk. Selain melihat hewan di kandangnya, anak-anak bisa menunggang gajah, kuda, atau sekadar berpiknik di hamparan rumput yang luas.Agar semakin bermanfaat, jadikan waktu berkunjung Anda sebagai ide liburan anak di Jakarta yang bermanfaat dengan menjelaskan informasi tambahan tentang binatang-binatang yang dijumpai, tentu disesuaikan dengan usia anak.

 

ragunan

4. Galeri Seni Multimedia

Pergi ke Mal tidak hanya sekadar belanja saja. Anda bisa datang ke lantai 8 West Mall Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat. Di sana terdapat Galeri Indonesia Kaya yang merupakan sebuah galeri seni multimedia dan tempat pertunjukan yang cocok disambangi saat liburan bersama Si Kecil.¬†Serunya, tempat ini dibuat dengan konsep yang sangat modern, interaktif, dan “ramah” anak . Misalnya, terdapat banyak multimedia layar sentuh yang menampilkan video beragam budaya Indonesia, seperti wayang, aneka pakaian adat, permainan tradisional, serta objek budaya. Pengunjung bisa berfoto menggunakan pakaian adat digital yang langsung diunggah ke media sosial.

5. Planetarium

Pengalaman menikmati angkasa nan luas penuh dengan benda langit dapat dihadirkan di sini. Planetarium Jakarta berada di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Dengan narasi yang mudah dipahami, anak-anak bisa belajar mengenal tata surya.

planetarium-jakarta_20150607_133816

6. Wisata Pulau Seribu

Ide liburan anak di Jakarta yang berbeda adalah mengajak keluarga berwisata ke pantai. Pulau Seribu bisa menjadi alternatif tempat wisata yang menarik. Selain letaknya yang tak jauh dari Ibu Kota, spot yang bisa dikunjungi pun cukup banyak.Anda bisa melakukan perjalanan yang disusun sendiri atau ikut paket wisata. Beberapa pulau yang bisa disinggahi adalah Pulau Pramuka, Pulau Gosong Air, Pulau Semak Daun, dan Pulau Tidung. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari snorkeling, berfoto bersama hamparan bintang laut, melihat tanaman bakau, restoran apung, penangkaran hiu, menikmati sunset, bahkan berkemah. Seru, ya!

pulau seribu

 

(Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares