Interior Design

Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kamar Bayi

By  | 

Selain memilih nama bagi Si Kecil serta berbelanja, mendekor kamar calon bayi juga merupakan salah satu hal menyenangkan kala hamil. Namun sebelum mulai mendekor nursery, perhatikan beberapa hal berikut ini ya, Mamas to be:

1. Perhatikan lokasi kamar. Jika memungkinkan, cari lokasi kamar tepat di sebelah kamar Anda. Pastikan juga kamar tersebut tidak dekat dengan jalan raya sehingga tak bising atau berisik dengan suara kendaraan yang lalu lalang.
2. Cari tema yang seirama dengan keseluruhan tema rumah. Memang sih saat menentukan tema kamar bayi Anda cenderung mencari referensi sebanyak mungkin dan memilih desain seunik mungkin. Tetapi pastikan ‘nyambung’ dengan desain rumah ya. Jika tidak sinkron justru akan memengaruhi desain keseluruhan rumah.
3. Pilih desain simpel. Percayalah Mams, meskipun Anda tertarik dengan berbagai referensi desain yang ramai dan cute, namun the simpler the better lho. Desain super ramai akan cepat membuat Anda bosan dan sulit menambahkan barang lain ke dalam kamar nantinya. Pilih saja satu barang stunning untuk diletakkan dalam kamar Si Kecil.
4. Pikirkan segi keamanan. Lantai karpet atau parket dapat dijadikan pilihan agar jika Si Kecil tiba-tiba terjatuh ia terkena permukaan yang relatif tidak keras. Gunakan juga cat yang kids friendly ya Mams. Pastikan Anda memasang wall decoration atau lampu gantung dengan kuat sehingga tak mudah jatuh yang berisiko menimpa Si Kecil.
5. Pilih dulu furnitur baru dekorasi. Orangtua cenderung memilih warna terlebih dahulu. Padahal akan lebih mudah dan hemat jika Anda memilih furnitur terlebih dahulu. Furnitur yang sudah ada dapat Anda kembangkan menjadi sebuah tema sehigga bersinergi satu sama lain. Pemilihan warna terlebih dahulu akan membuat Anda kesulitan mencari furnitur dan akhinya harus melakukan beberapa adjuatment yang membuat biaya membengkak.
6. Pastikan fungsi serta desain seimbang. Anda memiliki selera dan keinginan tersendiri bagi kamar Si Kecil. Namun pastikan sebagian besar keinginan tersebut memang fungsional. Jangan sampai Anda mendekor sesuatu yang tidak banyak kegunannya bagi anak.
7. Be creative! Tidak perlu terpaku dengan barang-barang khusus bayi dan anak ya Mams. Nyatanya kamar Si Kecil justru akan unik jika Anda memadukannya dengan barang untuk orang dewasa. Misalnya lampu simpel namun catchy, wallpaper bermotif netral seperti polka dot atau garis, juga material lainnya, tak perlu semuanya tampak ‘bayi’ atau bercorak tokoh kartun. Kreativitas Anda akan membuat kamar Si Kecil lain istimewa dan timeless. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares