Career

Tip Menjalani Kehamilan untuk Seorang Perawat

By  | 

Apakah ada di antara Anda yang berprofesi sebagai perawat dan kini tengah hamil? Ulasan Smart Mama berikut layak Anda baca, ya. Bekerja sebagai perawat butuh dedikasi tinggi serta rentan mengalami tekanan akibat harus merawat pasien dengan berbagai penyakit dari yang ringan hingga berat. Nah jika ia dinyatakan hamil, tekanan dan stres cukup berbahaya bagi kehamilannya, belum lagi bekerja di rumah sakit membuat Anda harus berurusan dengan pasien berpenyakit menular serta bahaya radiasi. Anda juga dituntut bekerja di shift malam. Agar kehamilan Anda tetap lancar hingga proses persalinan, simak tip berikut.

  1. Jika memungkinkan, konsultasi dengan dokter kandungan saat Anda masih merencanakan kehamilan. Sebagai perawat, sangat penting bagi Anda untuk menjaga metabolisme tubuh agar tidak mudah tertular berbagai penyakit yang dapat membahayakan kandungan. Oleh karena itu, ada baiknya sejak perencanaan kehamilan Anda sudah mengonsumsi vitamin atau vaksin jika diperlukan.
  2. Memberitahu atasan tentang kehamilan Anda sejak awal. Banyak pekerja yang baru memberitahu kehamilannya setelah melewati trimester pertama. Namun lain halnya dengan seorang perawat, Mams. Anda harus menginformasikan kehamilan pada atasan sejak awal agar ia dapat memberikan keringanan pekerjaan atau memberikan pekerjaan yang dapat menghindarkan Anda dari bahaya.
  3. Merawat diri sendiri. Jika biasanya Anda merawat pasien. kini saatnya Anda juga konsentrasi terhadap diri sendiri serta janin di dalam kandungan. Bawa camilan sehat ke rumah sakit tempat Anda bekerja untuk Anda konsumsi saat lapar melanda. Anda juga harus banyak minum air putih dan makan teratur, ya. Jangan pernah melewatkan jam makan. Istirahat cukup adalah keharusan, mungkin Anda dapat mengajukan permohonan untuk tidak bekerja di shift malam selama kehamilan berlangsung.
  4. Relaks dan menikmati kehamilan. Saat weekend atau day off, manjakan diri Anda dengan malahap makanan rumah yang sehat juga lezat. Cobalah tidur sebanyak mungkin, dengarkan musik yang santai, serta hindari pekerjaan rumah. Jika ada waktu lakukan yoga guna relaksasi dan meningkatkan daya tahan tubuh. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares