Career

Merasa Gagal dalam Berkarier

By  | 

Q: Krisis ekonomi berdampak pada pengurangan pegawai di tempat saya bekerja. Dan saya adalah salah satu pegawai yang terkena imbasnya dengan PHK.Saya merasa gagal dalam karir. Sulit sekali bagi saya untuk bisa bangkit lagi, dan mulai mencari pekerjaan baru. Apa yang harus saya lakukan?
Lila, 27 tahun
 
A: Kehilangan pekerjaan tentu membuat Anda merasa terpuruk. Wajar bila Anda merasa kecewa dan sedih, namun jangan berkepanjangan, Mams. Dilansir dari www.betterbythemin.com, berikut beberapa cara mudah agar Anda bisa segera bangkit dan menemukan pekerjaan baru.

1. Batasi waktu. Waktu maksimal seseorang untuk bersedih adalah 72 jam atau 3 hari 3 malam. Pastikan untuk tidak bersedih secara terus menerus karena dapat menimbulkan stres bahkan depresi ya.

2. Nikmati keseharian. Memang cukup sulit untuk menikmati keseharian ketika Anda baru saja kehilangan pekerjaan. Namun cobalah tetap rileks dan gunakan waktu menganggur Anda untuk santai sejenak. Gunakan waktu luang untuk menghibur diri dengan hal-hal yang Anda sukai, seperti nonton film, belajar masak, atau nonton konser penyanyi favorit.

3. Perbaiki kesalahan. Kini waktunya bangkit, Mams. Cari tahu kesalahan terbesar yang dibuat sehingga membuat sampai kehilangan pekerjaan agar tak terulang kembali. Lalu cari tahu apa kelebihan dalam diri sehingga memungkinkan Anda segera mendapatkan pekerjaan baru.

4. Melamar kerja. Hindari terlalu menikmati fase menganggur karena hal ini tidak baik untuk masa depan dan karier. Ketika kehilangan pekerjaan, usahakan segera membuat lamaran kerja baru di perusahaan lain. Pastikan surat lamaran dan berkas yang Anda ajukan dapat menarik perhatian perusahaan tersebut untuk menerima Anda sebagai karyawannya.

5. Terima bantuan. Tunjukkan pada orang lain bahwa Anda telah kehilangan pekerjaan. Jangan merasa malu ataupun gengsi. Dengan memberi tahu kondisi pada keluarga besar atau sahabat, diharapkan mereka akan menginformasikan pada Anda apabila ada lowongan pekerjaan baru. Cobalah tidak menolak bantuan, siapa tahu tawaran yang ada baik untuk kelangsungan masa depan dan karier Anda.

Pastikan Anda selalu optimis ya, Mams. Dengan rasa optimis, Anda akan lebih bersemangat menemukan pekerjaan baru yang lebih baik. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares