Parenting

SmartMama Sharing: Bonding ala dokter Reisa Brotoasmoro

By  | 

Seperti kita pahami, bonding antara anak dan orangtua sangatlah penting. Tak hanya membuat kita dekat dengan anak, namun bonding juga dapat mendukung perkembangan Si Kecil hingga ia dewasa nanti.  

Memahami pentingnya bonding, dr. Reisa Broto Asmoro pun selalu berusaha untuk bisa memiliki bonding yang kuat dengan kedua anaknya. Yuk, simak obrolan SmartMama dengan dokter Reisa berikut ini.

SmartMama: Sejauh mana dr. Reisa melihat pentingnya bonding dengan Si Kecil?

dr. Reisa: “Buatku bonding itu penting banget ya, karena itu kan kedekatan emosional antara orangtua dan anak, jadi sangat mempengaruhi perkembangan dia.”

SmartMama: Menurut dr. Reisa, apa saja manfaat yang bisa didapat Si Kecil dari bonding ini?

dr. Reisa: “Bagaimana pengambilan keputusan oleh anak, bagaimana ia bersosialisasi dengan lingkungan, tentunya sangat dipengaruhi oleh bonding antara anak dan orangtuanya. Jadi bila anak memiliki bonding yang baik dengan orangtuanya, maka harapannya nanti ia akan dapat bersosialisasi dan hidup di tengah masyarakat dengan baik juga.“

SmartMama: Apa saja aktivitas yang kerap dilakukan dr. Reisa untuk mempererat bonding dengan Si Kecil?

dr. Reisa: “Untuk mempererat bonding dengan anak-anak, biasanya saya dan anak-anak bertiga atau berempat dengan papanya, atau bisa juga anak-anak bertiga dengan ayahnya saja, melakukan aktivitas bersama-sama.”

“Bonding yang kami lakukan salah satunya adalah bermain dengan anak-anak. Biasanya saya akan bertanya pada mereka, permainan apa yang ingin mereka mainkan bersama. Ketika sedang bermain, bukan hanya sekedar anaknya yang main tapi saya dan suami juga ikut bermain bersama mereka. Kami juga tidak hanya sekedar bermain namun juga sambil berinteraksi.  Kita ajak mereka untuk bercerita, berimajinasi dengan mereka, yang penting punya kedekatan emosional yang baik bersama mereka.”

“Lalu yang paling sering juga bonding itu waktu menjelang tidur. Jadi kita cerita-cerita di tempat tidur atau baca buku cerita sebelum tidur.” (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Instagram dr. Reisa)

Shares