Health

Kapan Sebaiknya Minum Kopi Saat Bulan Puasa?

By  | 

Bila biasanya kopi menjadi salah satu sajian wajib sehari-hari, saat berpuasa, tentunya minum kopi hanya bisa dilakukan saat sahur atau setelah berbuka puasa. Namun sebenarnya, kapan sih waktu yang pas untuk minum kopi saat bulan puasa?

Perlu Mamas pahami, kopi sifatnya diuretic. Dimana, kandungan dalam kopi dapat menyebabkan kita jadi lebih mudah buang air kecil (BAK). Hal ini tentunya bisa membuat orang yang sedang berpuasa jadi lebih mudah dehidrasi. Karena itu, minum kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur guna menghindari dehidrasi.

Namun bila Mamas memang sudah terbiasa mengonsumsi kopi dan tidak merasakan perubahan yang berarti, tidak masalah untuk tetap mengonsumsinya selama bulan Ramadhan. Hanya saja sebaiknya jumlahnya dikurangi. Cukup minum 1 cangkir saja kopi berkafein rendah.

“Apabila Mamas terbiasa mengonsumsi kopi sebanyak 2 sendok teh, maka saat bulan puasa, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh,” saran dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Dokter Tirta menambahkan, bila Mamas merasa tidak ada masalah pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi, maka Mamas dapat tetap menerapkan kebiasaan lama.

Efek diuresis (peningkatan produksi urin, efek samping konsumsi kafein) sangat mungkin terjadi, namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya.

Karena potensinya yang dapat memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi, dokter Tirta menyarankan jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur.

“Penerapan kebiasaan baru memang membutuhkan waktu. Jika ngopi pagi sudah menjadi kebiasaan Mamas, maka setidaknya latihanlah tanpa kopi di pagi hari pada 2 minggu sebelum Ramadhan. Namun sekali lagi, tidak semua orang akan mengalami keadaan ini. Apabila Anda sudah terbiasa, maka tetap dapat terapkan kebiasaan lama atau dengan mengurangi jumlah takaran kopi yang diseduh,” ujarnya.

Mamas sebaiknya juga menghindari langsung minum kopi saat berbuka puasa. Minumlah air putih terlebih dahulu untuk menghilangkan haus, lalu dilanjutkan dengan makanan manis seperti kurma, misalnya.

Setelah perut sudah terisi, maka Mamas sudah bisa minum kopi favorit. Kurang lebih, beri jeda 2 jam setelah berbuka puasa ya, Mamas. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares