Parenting

Tumbuh kembang Si 2 Tahun

By  | 

Memahami sampai dimana tumbuh kembang Si Kecil akan membantu Mamas mengetahui apakah tumbuh kembang Si Kecil sudah sesuai usianya.

Di usia 0 – 2 tahun, perkembangan sensori Si Kecil sedang pesat-pesatnya. Jadi, beri kesempatan Si kecil untuk bereksplorasi ya, Mamas. Dengan mendukung Si Kecil untuk terus bereksplorasi, maka Mamas akan memberinya kesempatan untuk mempelajari berbagai hal baru yang ada di sekelilingnya.

“Sebenarnya kalau kita diamkan saja, Si Kecil akan eksplor sendiri. Ia akan merambat, memegang segala sesuatu yang ada di sekelilingnya. Jadi pastikan saja lingkungannya aman agar ia tak terluka,” ujar Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, di sela-sela acara Virtual Kickoff Cussons Bintang Kecil 9.

Di usia ini diharapkan Si kecil yang berusia 2 tahun juga sudah bisa bicara setidaknya mengucapkan 2 kata dalam 1 kalimat. Contohnya saja, ‘mau mamam’ atau ‘mau susu’.

“Kalau usia Si Kecil sudah lebih dari 2 tahun dan belum ada perkembangan dalam bicara, maka orangtua perlu khawatir. Kecuali pada saat itu Si kecil memang ada perkembangan lain yang sangat pesat,” terang Vera.

Vera menyarankan agar sebaiknya di usia 1 tahun Mamas sudah mulai berkonsultasi dengan dokter anak atau mengunjungi klinik tumbuh kembang bila anak terlihat mengalami speech delay. “Namun sebelum Mamas membawa Si Kecil ke dokter, akan lebih baik lagi bila Mamas melakukan evaluasi terlebih dahulu. Cari tahu kira-kira apa yang jadi penyebab Si kecil terlambat bicara,” sarannya.  

Bisa jadi salah satu penyebab anak mengalami speech delay adalah karena pemberian gadget pada anak dibawah usia 2 tahun. Di usia ini, perkembangan sensori anak, yaitu kemampuan anak dalam hal penciuman, penglihatan, perasa, pendengaran, keseimbangan, sentuhan, dan kesadaran tubuh terkait otot dan sendi, sangat pesat. Karena itu stimulasi sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Pemberian gadget, akan mengurangi kesempatan Si Kecil untuk bereksplorasi sehingga kesempatannya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal juga akan berkurang.

Si Dua Tahun juga sedang aktif-aktifnya. Mobilitasnya sangat tinggi. Ia akan banyak berlari atau memanjat. Si kecil cenderung tidak bisa diam, namun jangan dicap hiperaktif atau bandel ya, Mamas. Karena memang hal ini merupakan sebagian dari tahap tumbuh kembangnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Freepik)

Shares