Career

Tren Budaya Kerja di Tahun 2020

By  | 

Mams, memasuki tahun 2020 tren budaya kerja pun ikut bergeser mengikuti perkembangan dunia digital. Dan beberapa tren ini bisa menjadi keuntungan lho bagi working mamas. Apa saja tren working culture di tahun ini? Yuk simak!

Bekerja lintas generasi

Tahun ini diperkirakan generasi Z sudah mulai memasuki dunia kerja. Sementara generasi baby boomers (meskipun sebagian besar sudah memasuki usia pensiun), gen X, serta millenials juga berada di lingkungan kerja yang sama. Adanya 4 generasi dalam satu workplace akan menjadi tantangan yang menarik. Nah Mams, daripada menjadikan hal ini sebagai sebuah problem/halangan, lebih baik mamas mengambil sisi positif dari setiap generasi. Generasi Z ini dikenal sangat menguasai teknologi, sehingga mamas bisa belajar banyak dari mereka untuk hal ini. Keuntungan lain dari bekerja lintas generasi adalah mamas lebih fleksibel dalam menghadapi berbagai karakter.

Remote Working

Yang satu ini adalah bonus yang sangat diidamkan para mamas, yakni bekerja dimanapun mamas berada sehingga tidak perlu hadir di kantor setiap hari. Dunia digital yang semakin maju memudahkan kita untuk bekerja dimana saja. Beberapa kantor sudah memberlakukan sistem ini sejak beberapa tahun lalu. Namun diperkirakan tahun ini akan lebih banyak perusahaan yang melakukan hal ini demi kepraktisan dan efisiensi.

Organisasi Flat

Era ini membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat dan cermat. Panjangnya birokrasi akan menyulitkan perusahaan dalam hal approval. Oleh karena itu tren struktur organisasi di tahun  ini akan lebih flat. Dimana tidak terlalu banyak hirarki dalam perusahaan tersebut. Struktur seperti ini juga membuat komunikasi antar rekan kerja lebih cair.

Playful Office

Beberapa perusahaan besar sudah melakukan ini sejak beberapa tahun yang lalu. Mereka mendesain ruang kantor dengan interior yang playful dan menyediakan berbagai fasilitas yang membuat karyawan betah, serta mudah mendapatkan inspirasi. Contohnya kantor Google yang memiliki interior catchy, colorful juga playful. Dan good news bagi para mamas, kini banyak kantor yang memiliki nursery nyaman sehingga bisa membawa Si Kecil jika diperlukan.

Smart Casual

Dalam hal berpakaian, tren di tahun ini juga lebih fleksibel. Beberapa perusahaan sudah membebaskan para karyawannya untuk mengenakan pakaian yang lebih casual, namun tentunya harus tetap rapi ya, Mams. Hal ini sangat membantu kita untuk tidak bingung di pagi hari memilih baju kantor. Dan yang pasti bisa tampil lebih stylish sesuai kepribadian masing-masing.

Enjoy your work, Mams! (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto)


Shares