Health

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Sang Mama

By  | 

Manfaat ASI yang sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan menjaga kesehatan sang mama, tentunya menjadi alasan mengapa momen ini dirayakan diseluruh dunia selama seminggu penuh.

Kementerian Kesehatan RI dan para praktisis kesehatan pun tak pernah bosan untuk selalu mempropagandakan manfaat ASI dan menyusui. Edukasi ini terus disebarkan dengan berbagai cara, baik melalui konsultasi antara dokter – pasien, kampanye-kampanye ASI dan banyak lagi.

ASI (Air Susu Ibu) dikatakan sangat penting karena ASI merupakan nutrisi ideal dan satu-satunya makanan yang dibutuhkan bayi pada enam bulan pertama kehidupannya. Komposisi ASI paling sempurna, baik secara kualitas maupun kuantitas, dan memiliki berbagai keunggulan yang dapat menunjang kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Manfaat ASI bagi Bayi

Berikut ini adalah berbagai keunggulan ASI untuk tumbuh kembang buah hati mama:

– ASI kaya akan asam amino, AA, DHA, vitamin A, D, E, K, B-karoten, dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dan sulfur yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

-Dilengkapi dengan hormon dan enzim yang membantu pencernaan bayi.

-Kandungan nutrisi dalam ASI dapat berubah–ubah sesuai dengan usia dan pertumbuhan Si Kecil.

-ASI dapat melindungi Si Kecil dari berbagai penyakit, karena mengandung sel-sel imun seperti immunoglobulin yang mencegah anak dari infeksi telinga, infeksi pernapasan, infeksi saluran cerna, infeksi saluran kemih, penyakit kulit seperti ruam eksim/eczema.

-Menurunkan risiko terkena penyakit metabolik ketika dewasa nanti.

Manfaat Menyusui Bagi Mama

“Tak hanya memiliki banyak kebaikan untuk bayi, kegiatan menyusui pun memiliki banyak manfaat untuk Anda, sang mama,”ujar dokter Spesialis Anak dan Konselor Laktasi RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Yovita Ananta, Sp. A, MHSM, IBCLC.

Adapun manfaat menyusui bagi mama adalah:

-Dapat membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan.

-Menjaga kesehatan mental dan fisik.

-Menurunkan risiko depresi setelah persalinan

-Sebagai kontrasepsi alami

-Menguatkan tulang

-Menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker payudara.

Dokter Yovita menambahkan, terlepas dari enam manfaat di atas, yang terpenting dari menyusui adalah mampu menguatkan hubungan antara mama dan sang bayi. Hmm… jadi lebih semangat untuk menyusui ya, mamas? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. iStockphoto.com)

Shares