Health

Ini Akibatnya Jika Anak Kurang Minum Air Putih

By  | 

Berdasarkan riset di 13 negara yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition (2017), 1 dari 4 anak di Indonesia masih kurang minum. Apa akibatnya jika Si Kecil kurang mengonsumsi air putih?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi minimal 2 liter air putih setiap hari. Jika kurang, risiko dehidrasi, kegemukan, penyakit diabetes, darah tinggi, gagal ginjal, konstipasi, dan penyakit kronis lainnya akan mengintai di kemudian hari. Sedangkan secara jangka pendek dapat mengganggu kognisi, fokus, serta memori.

Sekitar 15% populasi orang Indonesia kini mengonsumsi gula melewati ambang batas minimum, padahal konsumsinya tidak boleh lebih dari 10%. Perlu diingat bahwa sumber gula tidak hanya berasal dari makanan manis, tetapi juga minuman dengan perasa yang sering dikonsumsi anak – anak.

Tidak hanya di Indonesia, sebuah studi yang baru – baru ini dipublikasikan oleh Water, Health, and Nutrition Lab di Pennsylvania State University menyebutkan bahwa 8.400 anak-anak dengan rentang usia 2-9 tahun di Amerika Serikat kurang mengonsumsi air putih. Hanya 1 dari 5 anak yang memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya.

Berapa banyak air putih yang harus dikonsumsi oleh anak?

  • Anak yang aktif berkegiatan perlu dibiasakan minum 2 sampai 3 gelas air (400 sampai 600 ml) di luar rumah untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi.
  • Sisanya (untuk mencapai target 2 liter air setiap hari) bisa dipenuhi ketika mereka berada di rumah dibawah pengawasan orang tua.
  • Anak pra-sekolah (4 – 6 tahun) membutuhkan 1,2 liter air per hari (setara dengan 5 sampai 6 gelas).
  • Anak usia 7 – 9 tahun membutuhkan sekitar 1,5 liter air mineral (6 sampai 7 gelas setiap hari).

Kandungan air mineral yang bermanfaat bagi tubuh

Pada umumnya, air mineral mengandung kalsium yang berperan untuk merelaksasi otot hingga menunjang imunitas tubuh; sodium yang menjaga keseimbangan cairan tubuh; magnesium yang berfungsi menjaga pencernaan protein; serta kalium yang membantu pembentukan sel tubuh. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares