Parenting

Cara Artika Sari Devi Menjalin Momen Bonding dengan Kedua Anaknya

By  | 

Bonding atau kelekatan yang terjalin antara orangtua dan anak, akan memberikan banyak hal positif. Begitu pula yang dirasakan oleh Artika Sari Devi.

Artika yang juga mama dari 2 orang anak, meski memiliki kesibukan yang cukup padat, namun ia dan sang suami, musisi Baim, berkomitmen untuk selalu menyediakan waktu untuk kedua buah hatinya, Abbey, 9 tahun, dan Zoe, 5 tahun.

Bagaimana Artika menjaga agar bonding bersama anak – anak tetap terjaga di tengah kesibukan yang padat?

“Saya dan Baim pada dasarnya memang sama-sama suka dengan anak-anak. Jadi kami sangat menikmati setiap waktu yang kami habiskan bersama anak-anak. Beruntungnya, pekerjaan kami cukup fleksibel, apalagi saya juga dimanajeri sendiri oleh suami saya, jadi kami cukup bisa membagi waktu untuk kapan saya harus bekerja dan suami bersama anak-anak, begitu pula sebaliknya.”

Artika bersama Zoe dan Abbey

Pernahkah anak protes dengan kesibukan orang tuanya? Dan bagaimana Artika mengatasi hal ini?

“Anak-anak sudah semakin besar, masa dimana anak sudah mulai bisa protes. Saat saya berada di rumah namun ada hal yang harus dilakukan, biasanya papanya akan menggantikan peran saya untuk menemani anak. Namun ketika papanya juga sedang bekerja, saat anak mulai protes dan merengek, biasanya saya akan mengajaknya bicara, seperti misalnya, ”Zoe, mama mau cek email dulu ya di kamar, kurang lebih satu jam. Setelah mama selesai Zoe mau main apa?”

Setelah kami bikin perjanjian, maka saya akan meninggalkan ia sementara untuk bekerja selama 1 jam, dan selama 1 jam tersebut Zoe akan saya beri kesibukan seperti mewarnai atau kegiatan lainnya. Dan saya akan memegang komitmen saya. Setelah satu jam saya akan bermain bersama Zoe seperti yang telah kami rencanakan sebelumnya.”

Artika dan Zoe

Apa saja yang dilakukan Artika dan suami untuk menjaga kelekatan dengan Abbey dan Zoe?

“Di tengah segala kesibukan, saya selalu berusaha mencari waktu untuk bonding dengan anak-anak. Paling tidak, meluangkan waktu satu jam sehari, atau menghadirkan special time hari khusus keluarga. Apalagi Zoe lagi di masa pertumbuhan, lagi seneng-senengnya nih diajak bermain dan belajar sesuatu yang baru. Misalnya, dia suka banget saya ajak mix and match baju, baca buku bareng, sampai nyanyi.”

“Saya dan Baim juga selalu berbagi tugas, seperti misalnya siapa yang hari ini akan mengantar atau menjemput anak – anak dari sekolah. Sepulang sekolah, bila mereka ada kegiatan lain, seperti ke gym atau lainnya, kami akan menemani mereka. Di pagi hari, biasanya saya yang memandikan Zoe, dan di malam hari Baim akan menemani anak – anak sebelum tidur.”

Menghabiskan banyak waktu bersama anak juga membuat Artika lebih mengenal anak-anaknya. “Zoe tipe anak yang kinestetik, kalau menemani Zoe mengerjakan tugas sekolah biasanya akan lebih lama. Hal ini karena setelah mengerjakan satu soal, maka ia harus bernyanyi dulu, setelah selesai, baru lanjut ke soal berikutnya. Begitu terus sampai selesai. Haha..”

Artika dan keluarga

Harapan Artika dari bonding dengan anak?

Menjadi orang tua zaman sekarang memang harus kreatif untuk menjalankan multiperan kita di kota besar, di era digital yang semuanya serba cepat. Saya misalnya, saya harus membagi waktu yang hanya 24 jam sehari untuk menjalankan peran saya sebagai ibu, sebagai anak, sebagai istri, sebagai pekerja seni, dan sebagainya. Namun saya dan suami memiliki prinsip, ‘kerja boleh, tapi jangan ngoyo-ngoyo amat’. Tetap sisihkan waktu untuk menemani anak dalam tumbuh kembangnya.

Selain untuk menjalin bonding, kami juga ingin anak – anak percaya sama kami. Kami selalu pamit pada anak – anak setiap kami akan pergi. Kami tidak mau berbohong, kalau kami pulang malam, ya kami bilang kalau kami akan pulang larut, dan bertanya apakah mereka akan menunggu kami pulang. Bila mereka bilang mereka memilih tidur lebih dulu, maka biasanya mereka berdua akan saling berbagi tugas, siapa yang akan mendongeng atau bernyanyi sebelum tidur. Kedua hal tersebut adalah kegiatan yang biasa saya dan Baim lakukan saat menemani anak sebelum tidur.

Tapi satu hal yang paling saya suka adalah, ketika kami bisa menghadirkan senyuman kecil di wajah anak-anak, rasanya semakin senang,” tutup Artika di sela-sela acara Zwitsaland pada hari Sabu, 20 April 2019 di Gandaria City. (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Instagram Artika Sari Devi)

Shares