Health

Sekarang, Papa Juga Bisa Menyusui Bayinya

By  | 

Bila sebelumnya menyusui merupakan hal yang hanya bisa dilakukan oleh kita, para mama, saat ini para papa pun juga bisa lho ikut menyusui bayinya.

It’s no secret that being a new mom is exhausting. Anda baru saja melahirkan manusia mungil yang utuh dan Anda tetap harus langsung ‘bekerja’: kurang tidur, mengganti popok, menyusui, menggendong, mengajak Si Kecil bermain, namun tubuh belum pulih kembali.

Jangan khawatir dengan kondisi ini mamas, Dentsu, sebuah perusahaan teknologi Jepang baru saja menluncurkan sebuah produk yang memungkinkan para papa untuk ‘menyusui’!

“Alat ini secara efektif dapat membantu orang tua, khususnya mama, untuk bisa tidur dengan cukup,” terang Dentsu dalam siaran pers – nya.

“Berfokus pada menyusui, Father’s Nursing Assistant ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi jumlah beban pada mama dan meningkatkan jumlah waktu tidur bayi, dengan memungkinkan papa untuk ikut ‘menyusui’.”

Father’s Nursing Assistant ini didesain menyerupai payudara wanita dan dilengkapi dengan tangki untuk ASI atau susu formula, dan dilengkapi pula dengan puting. Alat ini bisa dikenakan oleh sang papa saat ‘menyusui’ bayinya.

Berdasarkan saran dari dokter anak dan pengasuh bayi yang mengatakan bahwa bayi cenderung menyentuh payudara sang mama dengan tangan mereka saat menyusui, dan bahwa kelembutannya dapat menenangkan bayi, produk ini pun dibentuk menyerupai payudara wanita. Dengan begitu, sang papa yang mengenakan kit ini dapat menyusui sambil menggendong bayinya di kedua lengannya, memunkinkan skin contact  yang lebih dalam di antara mereka, dan memungkinkan bayi untuk tidur nyenyak di lengan papanya.

Tak hanya itu saja, perangkat ini juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat merekam jadwal tidur dan menyusu bayi. Sehingga orang tua dapat mengetahui jadwal rutin sang bayi saat menyusu dan juga tidur melalui data yang terekam dalam aplikasi ini.

Dentsu juga mengatakan bahwa mereka menciptakan perangkat ini untuk membantu meringankan stres orang tua karena kebiasaan tidur atau menyusui bayi baru yang masih belum terjadwal, dengan memungkinkan ayah berpartisipasi dalam proses ini.

Dentsu pertama kali memamerkan father’s nursing assistant ini di festival South by Southwest (SXSW) di di Austin, Texas.

Father’s nursing assistant ini bisa dibilang bukan yang pertamakalinya. Pada tahun 2018, Marie-Claire Springham, seorang siswa di Inggris memenangkan hadiah utama untuk Meaning-Centered Design Awards untuk “kit menyusui” -nya.

Kit ini memungkinkan para papa untuk menyusui dengan meminta mereka minum pil progestin setiap hari begitu mereka mengetahui pasangannya hamil dan kemudian enam minggu sebelum bayi lahir karena mereka akan mulai mengonsumsi domperidone. Dua hormon ini akan merangsang produksi susu pada sang papa. Hmm… bagaimana menurut Anda mamas, lebih tertarik yang mana? (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Dentsu, istockphoto.com)

Shares