Health

6 Cara Cegah Kolik pada Bayi

By  | 

Meski kolik bukan termasuk penyakit dan umumnya tidak akan membahayakan bayi, namun kondisi ini membuat bayi terus-menerus menangis dalam waktu yang lama.

Bayi dengan kolik seringkali menangis lebih dari 3 jam sehari, 3 hari seminggu, selama 3 minggu atau lebih. Pada kondisi ini, apapun yang mamas lakukan untuk membantu menyamankan bayi selama kolik, tidak bisa membuat Ia berhenti menangis.

Biasanya kolik paling parah terjadi saat usia bayi di sekitar 6-8 minggu, dan menghilang dengan sendirinya pada usia di antara minggu ke-8 hingga minggu ke-14.

Hingga kini, belum diketahui dengan pasti apa penyebab bayi mengalami kolik.


Gejala Kolik

Gejala yang paling jelas bahwa bayi mamas kemungkinan kolik adalah tangisan melengking yang terus menerus tanpa alasan. Selain itu ciri lain yang biasanya terjadi adalah tangisan ini lebih sering terjadi di sore atau malam hari, terkadang setelah minum susu. Wajah bayi akan memerah saat menangis sambil menekuk kakinya ke perut dan tangannya mengepal. Perut bayi juga terasa keras.

Cara Mencegah Kolik

Ada beberapa cara yang bisa mamas lakukan untuk mencegah atau meringankan rasa tidak nyaman akibat kolik, diantaranya adalah:

1. Beri jeda lebih panjang di antara waktu menyusui.

Beri susu secara rutin setiap tiga hingga empat jam, peneliti mengungkapkan bahwa kemungkinan risiko terjadi kolik lebih rendah daripada setiap satu atau dua jam.

2. Amati makanan yang mama konsumsi.

Mengonsumsi makanan seperti brokoli, kembang kol, kecambah dan kubis, coklat, susu sapi, bawang bombay, jeruk dan jenis limau lainnya, serta tomat, bisa membuat bayi kembung dan terserang kolik.

3 . Sendawakan bayi.

Biasakan hal ini setelah bayi menyusu. Tegakkan posisi bayi sambil memeluk bayi di pundak atau mendudukkannya di pangkuan. Lakukan sambil menepuk-nepuk punggung bayi untuk mendorong gelembung udara naik dan keluar.

4. Beri pijatan lembut di perut bayi.

Hal ini dapat membantu menenangkan otot yang tegang pada bayi. Lakukan ini setelah bayi mandi air hangat.

5. Posisikan bayi agar lebih nyaman.

Posisi tertentu akan menenangkan bagi bayi yang mudah terkena kolik. Ayunan atau kursi getar juga dapat meringankan bayi yang sedang gelisah

6. Gunakan Botol anti-kolik.

Jika Anda memberi susu dengan botol, pilihlah botol anti-kolik yang telah terbukti secara klinis akan mengurangi kolik dan gejalanya. Pastikan pula mamas memilih dot dengan ukuran yang benar sesuai usianya, dan pastikan dot selalu penuh dengan susu sehingga bayi tidak mengisap udara.

GROSMIMI

GROSMIMI merupakan premium baby bottle brand asal Korea yang dapat mencegah kolik pada bayi.

Terbuat dari bahan dasar PPSU yang merupakan bahan plastik dengan kualitas tertinggi. Grosmimi memiliki beberapa range varian produk dari botol bayi, tempat makan, sampai ke aksesoris seperti sikat botol, dan masih banyak lagi.

Botol GROSMIMI tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 200 ml dan 300 ml dengan dot (nipple) yang terbuat dari medical grade silicone dengan bentuk menyerupai payudara mama, sehingga membuat bayi mudah untuk menyesuaikan dan mencegah bingung puting ketika minum melalui botol maupun payudara.

Kelebihan lain dari GROSMIMI adalah bebas dari zat Bisphenol-A yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, memiliki ‘+’ cut untuk nipple guna mencegah terjadinya kebocoran pada botol.

GROSMIMI juga memberikan beberapa opsi bagi mamas untuk proses sterilisasi termasuk menggunakan panas, UV sterilizer, dan microwave.

Botol Grosmimi juga memberikan kemudahan untuk mamas, karena compatible dengan berbagai macam merek nipple lain yang seringkali menjadi masalah para mama dalam memilih botol susu.

Yang paling istimewa lagi, GROSMIMI memiliki “2-way of using” lho mams! Dengan begitu, bayi dapat minum dengan posisi agak tidur (tanpa tube) maupun dengan posisi duduk (dengan tube).

Sangat menarik bukan, mams?

Untuk info lebih lanjut mengenai GROSMIMI, mamas dapat mengunjungi akun Instagram GROSMIMI di @grosmimi.id.

Di Wednesday Giveaway Minggu ini, kami ingin mengajak para mama untuk sharing bagaimana cara mama menghadapi Si Kecil saat kolik. Caranya, jawab di kolom comments ya, mams! 4 Orang mama yang beruntung akan mendapatkan produk dari GROSMIMI.

Pemenang akan diumumkan via Instagram Stories pada hari Minggu, 17 Maret 2019. Happy sharing!(Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. GROSMIMI)

Shares