Sex

Healthy Sex, Happy Marriage with dr. H. Boyke Dian Nugraha, Sp. OG., MARS

By  | 

Tahukah Anda mamas, bahwa penyebab nomor 2 perceraian di Indonesia disebabkan oleh masalah seks dan penampilan?

Bersama dr. H. Boyke Dian Nugraha, Sp. OG., MARS dan Anita Anastasia Winata selaku Product Specialist VIVO Condom, SmartMama baru saja mengadakan Instagram Live (IG Live) di akun Instagram kami, @thesmartmamas. Disini kami membicarakan serba-serbi seks dan problematikanya yang kerap dialami oleh pasangan. Pertanyaan-pertanyaan yang kami bahas disini merupakan rangkuman pertanyaan dari para followers @thesmartmamas yang datang ke kami satu hari sebelum IG Live maupun saat IG Live berlangsung. Yuk, simak pembahasannya disini!

Bedroom drama.

Keluhan Seks yang Sering Dialami Pasangan dan Solusinya

Menurut dokter Boyke, keluhan seks yang seringkali dialami oleh para mamas adalah hilangnya gairah, sulit orgasme, hingga merasa nyeri saat berhubungan seks dengan suami. Sedangkan pada suami adalah ejakulasi dini dan hilangnya gairah karena rentang pernikahan yang sudah lama. Lalu bagaimana mengatasi hal ini supaya tidak berlarut-larut?

1. Bagaimana mengatasi hilang gairah?

Menurut dokter Boyke, hilangnya gairah seks antar pasangan karena lamanya pernikahan, sangat wajar dialami oleh setiap pasangan. Agar gairah seks kembali meningkat, ada baiknya mamas dan suami memperbaiki beberapa hal yang berkaitan dengan keintiman. Seperti misalnya, kembali romantis, tidak lupa memberikan surprisekepada pasangan, makan malam bersama, hingga menginap di hotel hanya berdua saja. Selebihnya, mamas bisa menarik perhatian suami dengan mengenakan lingeriemisalnya, atau memasang aromatherapy di kamar tidur. Hal ini bisa Anda coba untuk kembali meningkatkan gairah.

2. Bagaimana bila saya sulit mencapai orgasme?

Memasuki usia 30 tahun ke atas, baik wanita maupun pria memang wajar mengalami hal ini. Pada wanita, biasanya orgasme dapat terjadi 7 hari sekali dan untuk pria terjadi 3 hari sekali. “Jadi, jangan melihat dari sisi kuantitasnya saja, namun juga dari segi kualitas dalam berhubungan seks. Misalnya, mamas dan pasangan bisa mencoba suasana atau posisi yang berbeda agar tak terkesan membosankan,”ujar dr. Boyke.

3. Kerap merasa nyeri saat berhubungan seks?

Biasanya kondisi ini sering terjadi pada para mamas yang belum lama melahirkan dan memiliki banyak jahitan. “Saya menyarankan agar mamas mengunjungi dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut apakah ada infeksi pada bekas jahitan tersebut. Biasanya obgyn akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi.

Namun bila masih juga terasa sakit setelah infeksi sembuh, bisa jadi karena kurang ‘basah’. Nah, mamas dapat menggunakan lubricants untuk mengatasi masalah ini,” saran dr. Boyke.

Selain kondom, VIVO juga memiliki banyak produk lainnya, diantaranya adalah lubricants. “Dengan lubricants, mamas akan dapat mengatasi masalah seks yang satu ini. Mamas juga tak perlu khawatir menggunakannya berulangkali. Karena bahan dasar lubricants VIVO terbuat dari air, sehingga aman digunakan berkali-kali dan bahkan aman bila tertelan,” tambah Anita.

Menariknya, lubricants VIVO memiliki rasa strawberry lho mamas! Sehingga bisa memberikan sensasi yang berbeda baik bagi Anda maupun pasangan.

20190214_132928(0)

4. Bila memiliki polip di mulut rahim, apa posisi seks yang paling aman?

“Polip berisiko menjadi kanker. Karena itu sebaiknya segera angkat polip tersebut,” tegas dokter Boyke. Ia juga menambahkan agar mamas tak perlu takut dengan proses pengangkatan polip tersebut karena treatment-nya sederhana.

Memiliki polip didalam rahim saat hami juga bisa membahayakan kehamilan. Karena sedikit saja tersenggol, bisa menyebabkan luka. Karena itu, berhati-hatilah melakukan hubungan seks saat hamil dengan polip.

5. Posisi seks yang aman paska operasi Caesar?

“Anda bisa mencoba posisi apa saja!,” jawab dr. Boyke. Tak perlu khawatir dengan bekas luka caesar , yang ada, karena setelah 40 hari luka caesar Anda sudah sembuh kok, mams.

6. Merasa tidak nyaman melakukan hubungan seks saat hamil besar. Bagaimana solusinya?

Di usia kehamilan 37 – 38 minggu, Anda justru disarankan untuk sering berhubungan seks dengan suami lho mams. “Berhubungan seks di usia kehamilan ini justru disarankan. Karena sperma suami mengandung hormon prostaglandin yang bisa membantu membuka jalan lahir. Namun bila Anda tidak nyaman dengan posisi seks yang biasanya, mungkin Anda dan suami bisa mencoba posisi spoon,” saran dokter Boyke.

7. Apakah mungkin posisi IUD bergeser saat berhubungan seks?

“Bergeser sih tidak ya, karena benang IUD yang ada sekarang ini sangat tipis dan pendek,” jawabnya.

Namun dokter Boyke mengatakan bahwa benang IUD ini dapat membawa kuman penyakit. Karena itu, pastikan pasangan Anda setia pada Anda ya, mams. Karena penyakit kelamin dapat ditularkan melalui benang IUD.

PhotoGrid_1550142334982

 

8. Bagaimana bila pasangan hiperseksual?

Hal itu tak akan jadi masalah selama Anda dan pasangan sama-sama hiperseksual. Namun bila hanya salah satu, maka sebaiknya Anda dan pasangan membuat komitmen yang tegas. Seperti misalnya sama-sama sepakat untuk berhubungan seks 2 atau 3 hari sekali.

“Bila komitmen tidak bisa menyelesaikan masalah, maka pasangan sebaiknya melakukan terapi. Salah satu terapi yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan pikiran pasangan kepada hobinya,” tukas dr. Boyke.

9. Bagaimana bila suami mengajak menonton blue film sebelum berhubungan seks, sedangkan saya merasa tidak nyaman?

Dokter Boyke mengatakan bahwa bisa jadi Anda merasa tidak nyaman karena film yang dipilih suami tak sesuai dengan Anda. “Coba deh, Anda yang memilih filmnya. Pilih film yang soft dan ada alur ceritanya. Biasanya wanita akan merasa lebih nyaman menontonnya dibandingkan blue film pilihan suami.”

10. Memasuki usia 40 tahun, katanya adalah masa pubertas. Bagaimana caranya agar suami tak berpaling dan tetap ‘lengket’?

Pernikahan yang sudah berjalan cukup lama memang berisiko membuat keintiman Anda dan suami merenggang. Agar suami tetap ‘lengket’, jangan lupa untuk terus memberinya perhatian. “Selain memberikan perhatian yang cukup, jangan lupa untuk merawat diri agar tetap tampil menarik dihadapan suami,” tukas dr. Boyke.

Menggunakan pakaian dalam yang seksi dan mencoba gaya bercinta yang berbeda dari biasanya juga sangat disarankan lho, mamas. Menggunakan kondom yang memiliki varian rasa dan tekstur ataupun sex toys juga bisa jadi pilihan.

“VIVO kondom memiliki banyak varian rasa dan tekstur, seperti VIVO Classic Thin, VIVO Ultra Thin, VIVO Ultra 0.03, VIVO Passionate Dots, VIVO Fruity Affair, VIVO Fire & Ice, dan VIVO Endurance (baca: Kelebihan Kondom yang Wajib Anda Ketahui),” jelas Anita.

Selain kondom, VIVO juga memiliki beberapa produk sex toys yang akan memberikan sensasi yang berbeda bagi kehidupan seks mamas dan suami. “Alasan VIVO memiliki begitu banyak varian adalah agar para pasangan di Indonesia lebih bisa explore dalam hal seks,” lanjut Anita.

Dokter Boyke juga menyarankan agar mamas dan papas jangan menyepelekan masalah seks karena ini adalah tiang rumah tangga. “Selain itu, jangan lupa melakukan pencegahan penyakit seperti kanker serviks dengan melakukan vaksin,” tutupnya.

Artikel ini didukung oleh:

logo_bg

(Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. SmartMama)

Shares