Pleasure

Destinasi Liburan Ramah Keluarga di Australia Barat

By  | 

Rutinitas sehari-hari yang monoton lama-kelamaan tentu akan membuat kita merasa jenuh. Karena itu, secara berkala, yuk rencanakan liburan bersama keluarga agar kembali fresh dan  dekat dengan pasangan dan anak-anak.

Salah satu tujuan wisata ramah anak yang wajib Anda kunjungi adalah Australia Barat. Begitu banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga disana.

Perth sebagai pintu gerbang ke Australia Barat yang dapat dijangkau hanya dengan penerbangan 4,5 jam dari Jakarta, membuat Australia Barat menjadi lokasi ideal untuk liburan keluarga. Australia Barat menawarkan lebih dari sekadar taman yang luas, namun juga ada pantai yang indah, keindahan alam yang beragam, ruang publik terbuka, kebun binatang, serta berbagai destinasi dengan atraksi lainnya yang bisa dilakukan bersama Anda dan Si Kecil.

Berikut adalah tiga destinasi berlibur di Australia Barat yang bisa jadi pilihan mamas dan keluarga:

1. Perth

 

Rottnest Island

 

– Rottnest Island

Liburan keluarga di Perth belum lengkap tanpa perjalanan ke Rottnest Island yang baru-baru ini memberikan penawaran yang lebih beragam untuk kegiatan musim panas bagi keluarga yang ingin merasakan pengalaman bahari. Pesan penginapan di salah satu akomodasi liburan atau pondok bersejarah di pulau ini, yang sebagian besar menghadap teluk dan pantai yang jernih.

Rottnest Island merupakan tujuan liburan di Perth yang paling santai dan menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Rottnest adalah salah satu tujuan untuk belajar snorkeling paling mudah di lautan biru kehijauan yang indah dan tenang. Cara lain untuk menjelajahi pulau ini bagi pengunjung berusia 12 tahun ke atas adalah dengan Segway Tour di sekitar Thomson Bay Settlement atau Electric Bike Tours, untuk sepenuhnya menikmati keindahan alam sembari menggali sejarah pulau ini bersama keluarga.

 

Quokka Rottness Island

 

Didapuk sebagai hewan terlucu di dunia, #quokkaselfie, tentu saja selalu ada dalam daftar aktivitas yang harus dilakukan dalam perjalanan ke Rottnest Island. Ketika Anda pertama kali mengunjungi pulau ini, bergabunglah dengan tur berpemandu gratis dan bertemu Si Quokka, Si Kecil pasti akan senang karena hewan liar ini ternyata sangat jinak dan mudah didekati.

Pilihan lain adalah Discovery Rottnest Island, resor glamping yang terletak di belakang bukit pasir di Pantai Pinky yang ikonik di mana pengunjung dapat tidur di bawah taburan bintang, menjelajahi bukit pasir ke Pinky’s Beach Club, dan menghabiskan waktu di tepi kolam renang. Namun resor ini baru akan dibuka untuk umum pada 1 Maret 2019 ya, mams!

 

mandurah

 

– Mandurah

Untuk pengalaman yang tak terlupakan, Mandurah juga layak menjadi tujuan pilihan lainnya. Tidak diragukan lagi, tempat ini sangat menyenangkan untuk dihabiskan bersama seluruh keluarga. Dengan luasnya area untuk berlari, banyak hal dapat dilakukan dengan santai serta makan di tepi pantai yang membuat setiap pengunjungnya merasa betah menghabiskan waktu lama di sana.

Anda dan keluarga bisa bergabung dengan tur Mandurah Cruises untuk melihat dan mempelajari informasi tentang lumba-lumba sembari menikmati aneka hidangan hewan laut lainnya, berkeliling di sekitar kanal wilayah Mandurah Boardwalk untuk melihat aneka kapal cruise pribadi, mengeksplorasi deretan toko-toko cantik, serta mengusir rasa lapar dengan mengunjungi Mandurah Foreshore untuk menyantap hidangan laut paling segar yang terkenal dari kota ini.

 

2. South West

Simmos Ice Creamery

 

– Margaret River

Hanya dengan tiga jam berkendara ke selatan Perth, Margaret River di South West diakui oleh internasional sebagai permata seluas 110 km di mahkota kuliner Australia Barat. Mamas dan keluarga dapat menikmati piknik luar ruang di Simmos Ice Creamery and Family Fun Park, toko es krim dengan lebih dari 60 pilihan rasa yang telah memenangkan penghargaan di area Dunsborough.

Untuk lebih banyak pilihan makanan dan minuman, kunjungi Margaret River Farmer’s Market yang menyediakan berbagai produk lokal dan toko terkemuka untuk produk susu, madu dan manisan, cokelat da.n fudge, serta berbagai pilihan lain yang dapat juga diakses secara online. Selain itu, South West juga menyediakan pilihan jalur makanan dan minuman yang dapat diakses oleh para pengunjung.

 

Valley of the Giants Tree Top Walk

 

– Valley of the Giants Tree Top Walk

Sebagai alternatif dari pilihan kuliner di Margaret River, jelajahi pula keajaiban alam yang ramah untuk anak-anak dan segala usia. Berjalan mengitari Valley of the Giants Tree Top Walk, yang merupakan tajuk hutan teduh sepanjang 600 meter yang terletak di ketinggian 40 meter di atas permukaan tanah.

 

busselton

 

– Busselton Jetty & Underwater Observatory

Destinasi lain yang kami rekomendasikan adalah Busselton Jetty & Underwater Observatory. Masih terletak di lokasi yang sama, Busselton memiliki dermaga kayu terpanjang di dunia yang paling cocok dieksplorasi dengan Jetty Train yang membawa para pengunjung melalui perjalanan sejauh 1,7 kilometer melintasi perairan Geographe Bay yang tenang dan jernih, serta Underwater Observatory.  Di Underwater Observatory mamas dan keluarga akan disuguhi terumbu buatan terbesar di Australia yang menjadi rumah bagi hutan bawah laut yang menaungi lebih dari 300 spesies karang tropis dan sub-tropis, sponge, ikan, dan invertebrata, serta menjadikannya salah satu atraksi ekowisata paling populer di Australia Barat.

 

busselton train

 

3. Coral Coast

Petualangan yang mengesankan, pantai yang belum terjamah, pemandangan pantai yang spektakuler, serta hamparan bunga-bunga liar musim semi yang cantik menunggu di wilayah menakjubkan yang terletak di bagian utara Perth ini.

 

Night sky at The Pinnacles, Nambung National Park.

Night sky at The Pinnacles, Nambung National Park.

 

Road trip keluarga menawarkan kesempatan bagi segala usia untuk menikmati berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti berjalan di antara lansekap yang menyerupai bulan di The Pinnacles di Nambung National Park; tur keliling pabrik dan makan siang lobster di Lobster Shack; piknik sore hari di tepi Ellendale Pool; serta memberi makan lumba-lumba saat pagi menjelang di Monkey Mia yang terletak di area Shark Bay, sebagai salah satu dari dua situs Coral Coast’s World Heritage. Situs lainnya adalah Ningaloo Reef, yang paling mudah diakses dari Coral Bay dan Exmouth.

 

Shark Bay

 

Dengan cuaca yang indah, pantai dan aneka taman, restoran yang ramah keluarga, dan hewan – hewan yang bersahabat, apa lagi yang Anda butuhkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga yang tak terlupakan?

 

Platter of fresh seafood at Lobster Shack

 

Saran dari SmartMama, untuk menikmati indahnya alam Australia bersama keluarga, salah satu transportasi terbaik yang bisa Anda pilih adalah karavan atau campervan. Tidak hanya menghemat anggaran, karavan juga menyediakan peralatan memasak sekaligus berfungsi sebagai akomodasi bagi Anda dan keluarga. Selain itu, Anda dan keluarga juga bebas mengatur segala sesuatunya sambil berpetualang.

Dapatkan lebih banyak inspirasi liburan di Australia Barat dengan mengunjungi situs www.westernaustralia.com. Happy holiday! (Tammy Febriani/KR/Photo: Doc. Western Australia)

Shares