Health

Cara Tepat Membersihkan Ms. V Si Kecil

By  | 

Salah satu pengetahuan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh orang tua adalah cara merawat organ tubuh anak – anak sejak usia dini. Nah, sudahkah Anda memahami cara tepat membersihkan area Ms. V Si Kecil? Berikut petunjuknya. 

1. Arah yang tepat. Ajari Si Kecil untuk membersihkan area Ms. V dengan cara membasuhnya dari arah depan ke belakang menggunakan air bersih. Tidak perlu menyiramnya dengan kencang dengan bantuan cairan antiseptik karena dapat menimbulkan risiko iritasi. Cukup gunakan air bersih yang mengalir.

2. Bedak? No. Sama seperti cairan antiseptik, menaburkan bedak ke area Ms. V hanya akan memperbesar risiko iritasi. Jagalah area intim Si Kecil agar tetap kering, and that’s enough.

child with digital tablet on toilet

3. Cuci tangan. Minta mereka membersihkan tangannya saat hendak membersihkan area Ms. V dengan handuk kering untuk memutus mata rantai bakteri dari luar.

4. Rawat dengan benar. Yaitu dengan memakaikan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Ajarkan kondisi saat celana dalam mulai lembab dan harus segera diganti.

5. Jika Si Kecil sering menggaruk area Ms. V.. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter, karena bisa jadi Ia mengalami infeksi jamur. Normalnya, daerah vagina memang memiliki jamur Candida dan kuman Gardnerella vaginalis, tetapi bila Anda bisa membantunya menjaga kebersihan dan menghindari kelembabannya, mereka akan terhindar dari infeksi. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares