Health

Yuk, Jaga Kesehatan Jantung dengan Menjalani Gaya Hidup Sehat!

By  | 

Meskipun tingkat kesadaran akan penyakit jantung semakin meningkat, namun ternyata penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu secara global. Diperkirakan lebih dari 17,5 juta orang meninggal karena penyakit kardiovaskular ini di tahun 2015, mewakili 31% dari keseluruhan penyebab kematian global.

Di dunia, penyakit jantung tidak hanya menyerang kelompok lansia, tetapi juga menjadi penyebab kematian 1 dari 10 orang yang berusia 30 – 70 tahun. Sebagian dikarenakan gaya hidup modern yang banyak mengonsumsi makanan tinggi kalsium, lemak, gula dan garam. Hal ini berkontribusi pada faktor risiko utama penyakit jantung – seperti tekanan darah tinggi, kenaikan gula darah, peningkatan lemak darah dan obesitas. Faktanya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), 39% orang dewasa berusia 18 tahun ke atas sekarang memiliki kelebihan berat badan dan 13% mengalami obesitas. Namun demikian, perubahan perilaku sederhana seperti makan lebih banyak makanan segar, dan memegang kendali atas kesehatan kita sendiri, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Memperingati Hari Jantung Sedunia pada 29 September 2017 lalu, Royal Philips sebagai brand produk kesehatan mengajak setiap orang untuk menjaga kesehatan diri demi mencegah penyakit jantung. Bekerjasama dengan Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation / WHF), keduaya menghimbau agar orang-orang mulai menjaga kesehatan dirinya pada Hari Jantung Sedunia ini – sebuah inisiatif tahunan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit jantung dan risiko penyakit terkait lainnya.

“Selama satu abad terakhir, meningkatnya pemakaian tembakau, bersamaan dengan perubahan besar pada pola makan dan aktivitas fisik kita telah berkontribusi pada epidemi penyakit kardiovaskular yang merupakan pembunuh terbesar di dunia. Gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama serangan jantung dan stroke, dan jika pemakaian tembakau dihilangkan, konsumsi makanan sehat dan beraktivitas fisik secara aktif akan sangat membantu masyarakat untuk hidup lebih lama, lebih baik, dan jantung lebih sehat. Mengurangi makanan berlemak, meningkatkan asupan buah dan sayuran dan mengurangi makanan dan minuman olahan, kemasan dan bergula, merupakan salah satu langkah sederhana untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke,” kata Profesor David Wood, Presiden World Heart Federation.

 

download

 

Seperti kita ketahui, bahwa makanan dan minuman adalah hal pokok yang mempengaruhi gaya hidup sehat, namun bukan berarti kita tidak dapat menikmati makanan lezat yang kita sukai. Makanan buatan sendiri memiliki kekuatan untuk memberikan nutrisi, memungkinkan kita mengontrol bahan-bahan yang digunakan sehingga kualitas makanannya terjaga. Terlebih lagi, memasak dan menyantap makanan buatan sendiri dapat menciptakan kebersamaan, meningkatkan hubungan dan membangun rutinitas hidup yang sehat. Peralatan dapur kami dirancang untuk menyiapkan makanan bergizi dan lezat di rumah dengan lebih mudah, membantu setiap orang untuk memiliki makanan yang seimbang dan bergizi.

“Jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi adalah pilihan harian. Kami memahami pentingnya kesehatan jantung dan melihat makanan dan minuman sebagai elemen penting dalam membantu meningkatkan jumlah jantung yang sehat. Kami yakin bahwa selalu ada cara untuk membuat hidup lebih baik dan kami berkomitmen untuk menciptakan solusi yang memungkinkan kebiasaan memasak dan pola makan jangka panjang dan sehat. Kami ingin agar semakin banyak orang yang menikmati kesehatan yang diperoleh dari makanan rumah sehat dan bergizi yang dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan atau obesitas dan penyakit jantung,” terang Yongky Setiawan, Head of Personal Health, Philips Indonesia.

Kepedulian tersebut diwujudkan oleh Philips dengan memproduksi produk-produk penunjang kesehatan seperti Airfryer, peralatan memasak yang menggunakan udara panas untuk memproses makanan lezat dan sehat dengan cepat dan mudah dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak. Tak hanya itu, juicer dan blender dari Philips telah melewati proses pengembangan untuk mendapatkan nutrisi sehari penuh melalui konsumsi buah dan sayur dengan cara cepat dan mudah. Dengan teknologi inovatif, produk Philips diyakini dapat memisahkan nutrisi dari bahan yang bisa dikonsumsi di rumah atau dalam perjalanan. Yuk, mulai hidup sehat dengan menjaga jantung tetap sehat, Mams! (Tammy Febriani/KR/Photo: iStockphoto.com, Dok. Philips)

Shares