Health

Ketahui, Makanan Pencegah Radang Amandel

By  | 

Apakah Si Kecil bertambah parahnya radang amandelnya? Salah satu penyebab adalah  pola makan yang tidak teratur. Seperti halnya mengkonsumsi beragam makanan yang justru semakin memperburuk kondisi amandel yang menyebabkan gejala bengkak, nyeri tenggorokan, gatal, sakit telinga , demam dan menggigil.

Untuk itu, hindari makanan dan minuman ini.

Makanan Asam
Makanan asam seperti buah jeruk, lemon, permen karet dan lainnya harus dihindari oleh penderita amandel karena kandungan asamnya dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan.
Minuman dingin
Anda hanya akan memperparah kondisi amandel bila masih mengkonsumsi es krim. Sebab temperaturnya di bawah suhu tubuh manusia, sehingga memicu radang amandel yang semakin parah.

Jika Si Kecil menderita amandel, Anda bisa pilih makanan dan minuman sehat di bawah ini, untuk treatment alami amandel Si Kecil.

1. Bubur. Bubur lebih mudah ditelan dibanding nasi biasa. Anda bisa tambahkan rempah-rempah seperti cengkeh untuk menyembuhkan tonsilitis.

2. Bayam. Sayur bayam bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan. Jangan lupa tambahkan sedikit bubuk lada hitam. Selain lezat, sayur bayam juga dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan sakit.

3. Kentang tumbuk. Ini adalah makanan yang efektif untuk menyembuhkan tonsilitis. Kentang tumbuk juga membuat kenyang lebih lama.

 4. Jahe. Berikan minuman jahe hangat dan tambahkan beberapa tetes madu untuk menyembuhkan amandel.

6. Lemon dan madu. Ambil segelas air (kondisi suam-suam kuku), tambahkan beberapa tetes madu dan perasan jeruk nipis. Aduk rata dan minum selagi hangat. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares