Interior Design

5 Kesalahan yang Seringkali Kita Lakukan Saat Mendesain Ruangan

By  | 

Mendekorasi rumah bisa jadi sebuah tantangan. Meski Anda telah mencoba mencari berbagai inspirasi dan tip dari web maupun majalah mengenai interior desain sekalipun, belum tentu berakhir dengan ruang yang diharapkan. Kenapa bisa begitu? Karena menurut Decorist Design Director Jessica McCarthy, ada 5 mitos mengenai interior desain yang sebenarnya salah kaprah, berikut penjelasannya:

 

Myth-Dark-Paint-Makes-Room-Look-Smaller

 

Myth: Cat warna gelap membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Reality: “Pemilihan warna cat pada dinding merupakan cara yang tepat untuk mengubah persepsi akan ukuran ruangan, sekaligus menciptakan suasana hati yang berbeda. Ini sangat berlawanan dengan mitos yang mengatakan bahwa ruang dengan dinding berwarna gelap membuat ruang terlihat lebih sempit. Yang ada justru sebaliknya, warna gelap pada dinding justru membuat dinding ruangan terlihat lebih jauh dari yang sebenarnya, sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas.”
 

 

Myth-Gallery-Wall-Dead

 

Myth: Dinding yang dipenuhi hiasan dinding tak lagi jadi tren.

Reality: “Saya percaya dinding galeri tidak akan pernah ketinggalan jaman selama kita terus berinovasi. Saya suka menggabungkan cermin dan benda lainnya, sehingga terasa lebih segar dan lebih personal. Tidak ada yang lebih chic dari gallery wall yang memenuhi dinding dari lantai ke langit-langit.”

 

 

Myth-When-Mixing-Patterns-You-Cant-Mix-Those-Same-Scale
 

 

Myth: When mixing patterns, you can’t mix those of the same scale

Reality: “Mams, ketika Anda membuat pattern mixing, pemilihan warna lebih penting dibandingkan ukuran. Ikuti aturan 60/30/10, 60% pattern favorit, 30% pattern kedua, dan jadikan 10% sisanya sebagai final accent. Skala pola tidak akan jadi masalah jika Anda tetap menggunakan skema warna yang sama untuk semua pola yang digunakan.”

 

 

Common-Design-Mistakes

 

Myth: Semakin sedikit furnitur, semakin ruang terlihat luas.

Reality: “Sebenarnya ini bukan mengenai banyaknya furnitur dalam ruangan, melainkan bagaimana penataannya. Jika Mamas menempatkan furnitur jauh dari dinding, maka tidak akan jadi masalah berapa banyak jumlah furnitur dalam ruangan tersebut. Karena penempatan furnitur yang tak menempel pada dinding akan menciptakan ilusi ruang terlihat lebih lapang.”

 

 

Myth-Symmetry-Boring

 

Myth: Symmetry Is Boring

Reality: “Menempatkan furnitur secara simetri sebenarnya bisa jadi hal yang indah karena dapat menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam suatu ruang. Selama item yang dipilih menarik dan unik, tak ada kata membosankan dalam peletakan furnitur secara simetri.” (Tammy Febriani/YA/Photo: Doc. iStockphoto.com, Julia Sperling, Rennai Hoefer / Ten22 Studio, Megan Weaver, Nicholas Scarpinato, Jeff Beck)

Shares