Health

3 Cara Agar Si Kecil Mau Makan Daging

By  | 

Mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil selama masa tumbuh kembangnya akan mendukung pertumbuhannya secara optimal. Salah satu nutrisi yang cukup penting bagi Si Kecil adalah protein. Sumber protein bisa didapatkan dari protein nabati dan hewani.

Protein nabati bisa ditemui dari sayuran dan kacang-kacangan. Sedangkan protein hewani salah satunya bisa didapat dari mengonsumsi daging sapi. Namun sayangnya, banyak anak-anak kurang menyukainya. Menurut mereka, tekstur daging yang kasar dan lebih alot membuat mereka kesulitan mengunyahnya. Padahal, tubuh Si Balita membutuhkan 13 gram protein setiap harinya lho, Mamas!

Walau begitu, bukan berarti kemudian Anda jadi menyingkirkan daging sapi dari menu sehari-hari Si Kecil ya, Mams. Karena masih ada trik yang bisa Anda coba agar Si Kecil mau makan daging, seperti yang disarankan oleh spesialis gizi keluarga Natalia Stasenko, R.D:

 

woman in the kitchen

 

1. Olah daging menjadi halus.
Sajikan daging dalam olahan yang lebih halus seperti bakso, burger, nugget ataupun kornet agar lebih mudah ia kunyah. Tambahkan hiasan sayuran segar untuk meperindah tampilan sekaligus menambah nutrisinya.

2. Tambahkan campuran lain.
Terlalu sering memberinya menu makanan yang itu-itu saja juga akan membuatnya bosan dan malas makan. Karena itu, kreatifitas Mamas untuk menyajikan makanan yang lebih variatif sangat penting. Mamas bisa menambahkan potongan keju, saus tomat, mayonaise, atau campuran lainnya yang ia sukai.

3. Olah bersama makanan lain.
Selain 2 tip diatas,  Anda juga bisa mengolah daging sapi dengan bahan makanan lain. Misalnya saja potongan kecil daging sapi bisa Anda olah menjadi nasi goreng daging sapi, daging giling yang bisa disajikan bersama spaghetti, atau sajikan bola-bola daging sapi giling dalam bentuk sate bersama dengan bahan makanan lain. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares