Health

4 Langkah Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

By  | 

Sebagai seorang multitasker, mamas pasti sering ya melakukan berbagai aktivitas di rumah sekaligus. Mulai dari mengurus Si Kecil dan merapikan rumah, atau memasak sambil menemani mereka menghabiskan makanannya. Jika tidak berhati – hati, risiko menderita luka bakar karena terkena air atau minyak panas dapat Anda alami.

Meal time

Berikut langkah pertolongan pertama pada kondisi tersebut:

1. Siapkan air bersih untuk mendinginkan luka, rendam bagian luka selama 20 – 30 menit.

Woman puts her scalded hand into cold water

2. Bersihkan luka dengan handuk lembut, lalu oleskan salep luka bakar. Salah satunya yang umum digunakan adalah bioplacenton, biarkan bagian luka terbuka agar cepat kering.

3. Jika terasa sangat nyeri, mamas dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti parasetamol.

4. Saat hendak melakukan aktivitas lain, pastikan luka bakar telah kering dan tutup bagian tersebut dengan perban yang memiliki sekat udara.

Proses penyembuhan memang akan berlangsung cukup lama, sekitar 2 – 4 minggu. Bagian luka akan terlebih dulu memerah, melepuh, lalu mengering dan berwarna kehitaman. Hal ini normal terjadi kok, Mams. Fase selanjutnya adalah luka akan terasa gatal – merupakan fase terakhir sebelum proses penyembuhan berlangsung. Saat mengalaminya, hindari menggaruk dengan kuku guna menghindari infeksi, ya! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares