Mind

Apresiasi yang Diinginkan Para Papa Melalui Fathers Day

By  | 

Happy Fathers Day to all Papas!

Momen ini diperingati bersama di hampir seluruh negara di dunia pada minggu ketiga di bulan Juni. Sudahkah Anda menyampaikan apresiasi ini kepada para pasangan?

She's the greatest gift of them all

Menarik untuk diketahui, bahwa survei yang dilakukan oleh National Retail Federation (NRF) di Amerika Serikat menyebutkan bahwa jumlah pembelian hadiah untuk momen Mothers Day justru lebih banyak, hingga mencapai $7 juta – dibandingkan dengan antusiasme Fathers Day.

Fathers Day di Indonesia

Sementara itu di Indonesia, hasil survei kecil yang dilakukan Smart Mama mengungkapkan bahwa 4 dari 5 papa lebih menginginkan bentuk ungkapan kasih sayang daripada menerima hadiah dalam bentuk barang. “As simple as ungkapan kasih sayang dalam bentuk ucapan dan ciuman, buat saya lebih berarti daripada hadiah apapun. Artinya bentuk support saya selama ini diapresiasi, dan bentuk penghargaan itulah yang paling berkesan.” – Fenni Widianto, Papa dari Tara Cherrino (5).

Sekalipun di negara kita perayaan momen ini dilakukan setiap tanggal 12 November (pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono), tetapi excitement yang sama juga dirasakan oleh para publik figur melalui submit social media activity dengan #happyfathersday.

Ungkapan Father's Day Gisela Anastasia untuk suaminya, Gading Marten

Ungkapan Father’s Day Gisela Anastasia untuk suaminya, Gading Marten

Gisela Anastasia misalnya, Mama dari Gempita Noura (2,5) mengungkapkan apresiasinya melalui ilustrasi penuh makna dengan ucapan, “Happy Fathers Day papa Gading..”

Makna Fathers Day

Momen ini diperingati untuk mengapresiasi keberadaan para papa tidak hanya sebagai tulang punggung keluarga, tetapi juga pribadi yang turut memegang peranan penting dalam kehidupan seorang anak.

David Beckham saat mengasuh putrinya, Harper

David Beckham saat mengasuh putrinya, Harper

Seorang papa dikatakan memiliki peran yang penting dalam membentuk kepercayaan diri dan karakter yang kuat. Psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi dari Tiga Generasi mengungkapkan bahwa anak – anak akan belajar tentang konsistensi melalui ketegasan papanya. (Baca: Ajak Papa Ikut Terlibat dalam Pengasuhan Anak)

Nah, bagaimana Anda merayakan momen Fathers Day tahun ini, Mams? Memberikan penghargaan tidak harus berupa hadiah mahal. kok. Ide hadiah seperti ilustrasi gambar atau voice note berisi ungkapan terima kasih bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disampaikan. Selamat merayakan momen ini bersama keluarga! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares