Interior Design

Tip Menambahkan Lampu dalam Ruangan

By  | 

Mempercantik ruangan di rumah tak hanya dengan hiasan dinding saja, namun juga bisa dengan menambahkan lampu. Tak hanya sekedar untuk menambah pencahayaan saja, namun penambahan lampu ini juga dapat menambah nilai estetika ruangan tersebut. Berikut tipnya:

  • Bentuk ruang. Dalam memilih model lampu yang akan digunakan, Mamas juga perlu memperhatikan apakah ruangan tersebut berbentuk bujur sangkar, persegi panjang, atau bundar. Mamas bisa memilih lampu gantung berbentuk bundar atau kotak untuk ruangan berbentuk bujur sangkar. Lampu chandelier atau oval untuk ruang persegi panjang, dan untuk ruang bundar gunakan chandelier bentuk bundar juga.

 

Luxurious dining room with dining table and designer chairs.

 

    • Besarnya ruang. Untuk ukuran besarnya lampu, bisa disesuaikan dengan ukuran ruang dan juga tinggi plafon. Smart Mama menyarankan Mamas untuk memilih lampu yang dengan ukuran yang sesuai dengan besarnya ruangan sehingga tak terlalu besar ataupun terlalu kecil, namun juga tak mengganggu aktivitas di ruangan tersebut.
    • Fungsi ruang. Model lampu dan pendaran cahaya bisa memberikan efek yang berbeda pada ruang. Untuk ruang makan dan ruang tamu, mungkin Anda bisa menambahkan lampu yang cukup terang pencahayaannya. Dan untuk ruang tidur, lampu dengan pencahayaan lebih temaram seperti kuning adalah pilihan yang tepat.
  • Padukan dengan furnitur lainnya. Tak perlu memiliki desain yang sama dengan furnitur lainnya, namun pastikan baik lampu dan furnitur di ruangan tersebut dapat tampil selaras dan tidak ‘bertabrakan’. (Tammy Febriani/YA/Photo: IStockphoto.com)

Shares