Beauty & Style

3 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Dalam Satu Malam

By  | 

Hi Mams! Saat menstruasi atau merasakan perubahan hormon saat hamil, salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh para mama adalah munculnya jerawat (Baca: Jerawat Saat Hamil? Ini Solusinya!). Berbeda treatment dengan calon mama, 3 langkah berikut dapat membantu Anda mengatasi keluhan karena jerawat hanya dalam waktu satu malam.

Penyebab jerawat & efek kemerahan
Secara umum, jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati pada kulit yang dapat memicu peradangan pada sumbatan tersebut. Hal inilah yang menjadi penyebab utama jerawat terlihat memerah, terutama pada kulit wajah.

I'm sure this will go away if I pop it...

Yang penting untuk dilakukan dalam tahap ini adalah mengatasi masalah peradangan sehingga jerawat dapat sembuh dengan cepat. Yuk coba 3 langkah berikut di rumah!

1. Kompres es batu

Secara medis, langkah ini akan membantu Mamas untuk mencegah rasa nyeri yang ditimbulkan menjadi kronis karena sifatnya yang dapat membantu mengontrol peradangan. Tampung es batu pada kain, lalu tempelkan pada area kulit yang berwarna kemerahan. Pastikan tidak menekan batu es terlalu kencang untuk mencegah luka yang memicu infeksi ya, Mams.

Eye drops

2. Tetes mata

Periksa kandungan obat tetes mata Anda. Ternyata, kandungan tetrahydrozoline hydrochloride nya dapat membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat, lho! Langkah pertama, dinginkan obat tetes mata ke dalam freezer selama satu malam. Keesokan harinya, letakkan kapas berisi obat tetes mata tersebut di area kulit yang berjerawat dan tahan selama beberapa menit.

3. Oleskan aspirin

Yes, Mamas. Obat yang biasanya dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit ini mengandung asam salisilat yang dapat mengurangi peradangan melalui penyempitan pembuluh darah. Campurkan sedikit bagian aspirin dengan air, lalu oleskan pada bagian jerawat. Biarkan selama 30 menit agar kandungannya dapat meresap ke dalam kulit.

Selain itu, pastikan Anda juga mengonsumsi makanan sehat yang dapat menstimulasi kolagen dan mencegah timbulnya jerawat, ya! (Baca: Makanan untuk Kulit Sehat Anda). (Nathalie Indry/YA/Photo: Istockphoto.com)

Shares