Beauty & Style

Cukupi Kebutuhan Asam folat dengan Bahan Alami

By  | 

Wanita hamil pada dasarnya membutuhkan asam folat. Wanita yang berada pada risiko besar mengalami lahir cacat tabung saraf atau mereka yang sudah pernah melahirkan cacat sangat ditekankan untuk mencukupi kebutuhan asam folat. Untuk mencegah hal tersebut wanita hamil setidaknya membutuhkan 400 mcg asam folat setiap hari selama satu bulan sebelum konsepsi dan selama tiga bulan pertama kehamilan. 

Selain asupan suplemen untuk memenuhi nutrisi, beberapa makanan di bawah ini juga mengandung asam folat tinggi. Antara lain :

1. Telur. Makanan ini merupakan sumber nutrisi yang sangat mudah untuk Anda. Telur menyediakan protein, mineral dan vitamin yang sangat berguna selama masa kehamilan sang ibu. Telur  juga mengandung tinggi asam folat yang dapat mncegah bayi lahir cacat. Untuk mencukupi kebutuhan asam folat harian pastikan telur masuk dalam daftar menu sehat Anda ya.

2. Brokoli. Makanan ini tampaknya menjadi raja dalam hal sayuran paling bergizi. Bagaimana tidak, sayuran yang kurang diminati anak-anak ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil, sebut saja asam folat, vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan protein. Semuanya sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk memastikan bayi lahir sehat.

3. Hati sapi. Jika anda membutuhkan makanan yang mengandung asam folat, hati sapi bisa menjadi pilihan yang baik.  Ya, 3 ons daging sapi mengandung 215 mikrogram asam folat. Wanita hamil harus mendapatkan setidaknya 600 mcg asam folat per hari, sedangkan wanita usia subur membutuhkan 400 mcg asam folat. Dengan mengkonsumsi hati sapi akan membantu sang ibu memenuhi kebutuhan asam folat harian mereka. Meskipun demikian, hati sapi merupakan bagian yang berlemak, untuk itu disaranakan tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini.

4. Jagung. Makanan ini terkenal tinggi nutrisi dan rendah gula sehingga sangat baik bagi penderita diabetes. Tetapi ada manfaat lain yang kurang diketahui banyak orang yaitu jagung dapat menyuburkan kandungan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam folat yang dimilikinya. Satu cangkir jagung yang sudah dimasak mengandung setidaknya 76 mikrogram asam folat.

5. Seledri. Seledri mengandung 34 mcg asam folat dalam 1 cangkir. Rutin mengkonsumsi seledri akan membantu sang ibu mengurangi risiko bayi mengalami cacat tabung saraf. Anda bisa menambahkan seledri ke dalam makanan seperti sup, jadi anda tidak perlu khawatir untuk mendapatklan asam folat darinya.

6. Alpukat. Alpukat cukup terkenal dikalangan pelaku diet karena diketahui mengandung tinggi serat yang membantu mengontrol berat badan. Tetapi manfaat buah alpukat yang paling berkesan adalah karena buah ini mengandung asam folat. Belum lagi, alpukat juga menyediakan lemak baik berupa asam lemak omega 3 yang berguna meningkatkan kecerdasan otak bagi calon bayi. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares