Health

Apakah Normal Kehilangan Berat Badan di Trimester Pertama?

By  | 

Q: Hai Smart Mama,

Saat ini saya sedang hamil anak pertama saya dengan usia kehamilan 8 minggu. Yang saya tahu, seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan, maka berat badan pun akan semakin meningkat. Namun yang saya alami justru sebaliknya, berat badan saya jusru turun. Apakah ini masih tergolong wajar?

Alita, 25 tahun, hamil 8 minggu.     

 

A: Dear Mom Alita,

Sangat wajar jika Anda khawatir saat mendapati berat badan Anda justru turun disaat sedang hamil. Namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir, karena ini cukup normal dialami para calon mama di trimester awal kehamilan, apalagi bila Anda mengalami morning sickness yang cukup parah.

Menurut Parents.com, 80% calon mama diketahui mengalami mual dan juga muntah di awal – awal kehamilannya, sehingga memengaruhi pola makan sang mama. Dan kondisi inilah yang turut memengaruhi naik-turunnya berat badan calon mama.

Yakinlah bahwa kehilangan berat badan beberapa kilogram di awal kehamilan ini tak akan memengaruhi perkembangan janin Anda. Lagipula, di awal kehamilan ini Anda memang tak seharusnya mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

Normalnya, kenaikan berat badan calon mama seharusnya tak melebihi 1 – 2 kilogram di trimester awal. Di minggu ke-14 kehamilan, morning sickness Anda akan mereda dan juga nafsu makan akan kembali normal. Di titik ini Anda akan mendapatkan kembali berat badan yang sempat hilang dan bahkan mungkin mengalami kenaikan berat badan.

Satu-satunya yang perlu Anda khawatirkan adalah saat mendapati berat badan Anda turun hingga 10% dari berat badan Anda. Misalnya berat badan Anda sebelum hamil adalah 55 kilogram dan mengalami penurunan hingga 5,5 kilogram, maka Anda harus waspada dengan kondisi ini. Bila ini terjadi, maka dokter kandungan Anda akan meresepkan obat untuk meredakan morning sickness, sehingga Anda bisa kembali makan dengan normal dan berat badan pun bisa kembali seperti semula. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares