Health

Mengapa Puting Berwarna Gelap Kala Hamil?

By  | 

Saat hamil ukuran payudara Anda akan meningkat, begitu juga dengan ukuran puting, namun yang kerap membuat banyak mamas to be agak resah adalah perubahan warna puting yang cenderung lebih gelap. Banyak calon mama yang khawatir, perubahan tersebut akan berlangsung selamanya. Nah, agar Anda tidak terlalu khawatir, simak pembahasan Smart Mama berikut.

Apa Penyebabnya?

Seperti biasa, berbagai perubahan selama masa kehamilan disebabkan perubahan hormon yang mutlak terjadi pada semua calon mama termasuk perubahan wana pada beberapa bagian tubuh. Perubahan hormon pada wanita hamil kerap memicu peningkatan produksi melanin yang dapat menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap. Secara natural hal tersebut dapat memberikan pigmen berlebih pada bagian rambut, mata, juga kulit. Nah pada bagian tubuh yang memang sudah memiliki banyak pigmen seperti puting, warnanya pun akan jadi lebih gelap lagi. Beberapa mamas to be juga mengalami perubahan warna kulit pada bagian tulang pipi, kening, serta kulit di atas bibir.

Apakah Hal Tersebut Permanen?

Jangan khawatir Mamas, warna puting Anda akan kembali seperti semula beberapa bulan setelah melahirkan. Namun tentu saja tidak bisa ditentukan kapan waktunya, yang pasti puting Anda akan kembali seperti dulu seiring berjalannya waktu.

Apakah Bisa Dicegah?

Sayangnya, hal tersebut tidak dapat dicegah Mams karena penggelapan warna kulit tersebut akibat hormon kehamilan Anda. Namun Anda dapat meminimalisasi perubahan itu dengan menghindari sinar matahari. Dan jika merasa risih dengan puting yang tampak hitam, Anda juga dapat membubuhkan concealer atau foundation pada bagian tersebut. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares