Mind

10 Pelajaran Bagi Para Mama dari Si Kecil

By  | 
“While we try to teach our children all about life, they teach us what life is all about.” – Unknown. 

Sejak pertama kali ia dilahirkan hingga usianya beranjak semakin dewasa seperti saat ini, kita melewati momen kebersamaan yang sangat dekat dengan Si Kecil – bahkan mungkin 24 jam setiap hari. Anak – anak, dengan kebiasaannya yang lucu dan polos secara mengejutkan dapat membuat kita, para orangtua mendapatkan banyak pelajaran terutama nilai – nilai hidup dan cara menyikapi berbagai hal yang terjadi. Pernahkah Anda berpikir bahwa merekalah yang mengajarkan arti kesabaran dalam diri kita? Berikut adalah 10 hal yang tanpa kita sadari telah memengaruhi kepribadian kita sebagai seorang wanita.

  1. Arti Kesabaran

Anak – anak melatih diri kita untuk terbiasa menghadapi situasi dan kondisi yang membuatnya tidak nyaman. Sudahkah menghitung berapa kali hari ini Anda menarik nafas dan meredam emosi akibat rasa kecewa dan ingin marah?

  1. Ketulusan Cinta & Kasih Sayang

Ciuman dan pelukan hangatnya menyadarkan kita bahwa kasih sayang yang sempurna merupakan hal yang nyata. 

  1. Kritis & Berani
Pertanyaan – pertanyaan polos dan rasa nekatnya melakukan berbagai hal yang disukai, secara tidak langsung menyuntikkan rasa keberanian dan usaha untuk terus mencoba.
Mother and child playing
  1. Menjadi Pribadi yang Menyenangkan
Rasa gembira menguasai sebagian besar konsep hidup anak – anak. Pastikan Anda fokus pada mindset untuk selalu berpikiran positif dan bahagia ya, Mams.
  1. Live in The Moment

Entah ketika sedang bermain atau belajar, anak – anak selalu fokus dan berusaha untuk menikmati aktivitas tersebut. Sudahkah Anda melakukan hal yang sama selama ini?

  1. Selalu Menyusun Lembaran Baru
Jika sempat berbuat kesalahan, maka keesokan harinya mereka akan fokus pada rencana yang berhubungan dengan masa kini dan masa depan. Bukan untuk melupakan masalah, tetapi terus berjalan menatap masa depan.
  1. Stay Curious!
Keinginannya untuk terus bertanya mengenai hal – hal yang ‘mengganggu’ pikirannya tentu saja sedikit banyak akan memengaruhi sikap kita dalam menjalani kehidupan sehari – hari. Remember, kids are born curious about the world. 
  1. Berpikir Kreatif

Melalui pertanyaan, pendapat, maupun aksinya, anak – anaklah yang memacu pikiran kita untuk terus berpikir kreatif, terutama dalam menghadapi sebuah masalah.

  1. Arti Pengorbanan

Bangun tengah malam untuk menyusui, merawat dan memastikan keadaannya baik – baik saja, kehadiran anak – anak membuat kita berhenti mempertanyakan arti pengorbanan. Don’t you think so?

   10. Menghargai Kebersamaan
Tidak berlebihan ya rasanya, jika kini kita menganggap waktu semakin berharga saat bersama mereka? Menikmati momen untuk sekedar berbagi cerita dan memeluknya sungguh merupakan sebuah anugerah. They teach us to be grateful for what we can have. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares