Finance

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Penggunaan Kartu Kredit 

By  | 

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kartu kredit. Namun, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan, agar kartu kredit ini nantinya tak menjadi bumerang bagi Anda. Berikut adalah kesalahan yang seringkali kita lakukan dalam menggunakan kartu kredit.

  • Tidak disiplin dalam menggunakannya. Jangan membiasakan diri berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Yang ada ujungnya nanti, Anda malah mengeluh saat melihat tagihan membengkak. Tentukan batas maksimum yang boleh Anda gunakan setiap bulan dan catat setiap pemakaiannya ya, Mams. Ketika jumlahnya sudah mendekati batas maksimum yang Anda tentukan, untuk ‘keamanan’ keuangan Anda, sebaiknya tinggalkan kartu kredit Anda di rumah.
  • Terlambat membayar tagihan. Biasakan untuk menyisihkan gaji Anda untuk membayar tagihan, agar tidak terlambat membayar, dan di bulan berikutnya terkena bunga. Anda juga harus disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit ini, jangan menunggu hingga hari terakhir untuk melunasinya.
  • Selalu melakukan pembayaran minimum. Hindari membayar kartu kredit dengan jumlah minimum. Karena, ketika melakukan ini, saldo utang Anda yang tersisa masih bisa terkena bunga 2,9% hingga 4% per bulan. Cukup besar bukan, Mams? Inilah yang jadi penyebab utama banyak orang terjerat utang kartu kredit yang tak kunjung usai.
  • Terlalu banyak memiliki kartu kredit. Sebaiknya miliki maksimal 3 kartu saja. Jika lebih dari itu, Anda harus mulai mempertimbangkan untuk menggunting sisanya. Karena, semakin banyak kartu kredit yang Anda punya, semakin sulit pula untuk mengontrol pengeluaran dan juga pembayaran masing-masing kartu.
  • Sering tarik tunai. Kartu kredit jelas berbeda dengan kartu debit (ATM). Jadi, hindari menarik uang tunai menggunakan kartu kredit sebab akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang cukup tinggi.
  • Mengabaikan rewards.Banyak layanan dan promo setiap bulan yang sebenarnya menguntungkan pengguna kartu kredit, lho Mams. Biasakan selalu update agar tidak melewatkan kesempatan yang ditawarkan, seperti potongan harga atau program menguntungkan lainnya.
  • Digunakan untuk perawatan medis. Menurut para ahli keuangan, hindari menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya perawatan medis. Karena, jumlahnya sering tak terduga. Kecuali, Anda memang bisa segera membayar tagihannya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares