Mind

Smart Mama Story: “Perubahan Diri” Saat Hamil

By  | 
Di usia kehamilan 3 minggu, umumnya calon mama belum menyadari bahwa dirinya sedang mengandung karena tidak merasakan gejala tertentu. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, perubahan fisik tubuh akan mulai dialami (Baca: Mengenali 13 Tanda Awal Kehamilan) mulai dari pembengkakan payudara hingga mual. Plus, fluktuasi hormon yang terjadi menyebabkan perubahan emosi secara mendadak.

dr farrah 2

Hal yang sama juga dialami oleh dr. Farah Al Gadri (27 th). Sedang menjalani masa kehamilan pertama, ia tetap terlihat aktif bekerja di salah satu beauty center ternama di Jakarta Selatan, Mamamia Spa, tempat dirinya berpraktik. Berikut obrolan kami tentang bagaimana ia menanggapi perubahan – perubahan tersebut di awal usia kehamilan, and how to deal with it. 

Hi Dr. Farah! Selamat atas kehamilannya, ya. Ada persiapan khusus nggak menjelang kehamilan pertama ini?
Sebetulnya tidak ada persiapan khusus sih, tapi dengan keinginan untuk melahirkan secara normal, mungkin akan lebih mempersiapkan diri kearah sana.

What pregnancy does to your body – perubahan secara fisik/psikologis yang dialami?
Di usia kehamilan 9 minggu ini, perubahan bentuk tubuh sepertinya belum terlalu berpengaruh, ya. Salah satu alasannya juga karena di trimester awal ini berat badan saya turun 1 – 2 kg karena sering mual dan nafsu makan berkurang. Tapi perubahan fisik dan psikologisnya sudah banyak sekali: Muncul jerawat di area wajah, kulit kusam, tubuh mudah lelah, lebih sensitif, sering ngambek dan ingin terus dimanja oleh suami hehee..

Banyak juga ya perubahannya. Sempat mengganggu aktivitas sehari – hari, nggak? How do you deal with it?
Karena nafsu makan berkurang, otomatis daya tahan tubuh saya juga menurun. Sering sekali saya terkena flu dan sempat susah buang air besar di minggu – minggu ke 6 kehamilan. Healingnya sih lebih ke motivasi secara psikologis, ya, karena saya sudah siap untuk berumah tangga dan berkomitmen memiliki keturunan, saya memahami bahwa proses memiliki anak tidak semudah yang dibayangkan. Ini yang jadi motivasi saya dan pasangan untuk tetap positif menjalani aktivitas sehari – hari.

dr. Farrah & suami, Rangga

dr. Farrah & suami, Rangga

Bicara soal pasangan, ada bentuk perhatian khusus yang ingin suami lakukan selama hamil?
Jadi suami siaga! Misalnya seperti saat saya sedang sakit, mual, muntah, atau lemas, suami bisa lebih siap untuk membantu mengatasi hal tersebut. Oh ya, satu lagi.. lebih peduli untuk memperhatikan jam – jam konsumsi obat/vitamin, serta lebih peka terhadap hal – hal yang saya inginkan. Maklum, hamil muda lebih sering lupa soal ini – itu.

Nah, lalu bagaimana dengan morning sickness? Ada cara khusus yang Farah lakukan untuk mengatasi hal ini?
Saat bangun, sebisa mungkin hindari langsung beranjak dari tempat tidur. Buka mata dan biarkan tubuh kita sadar secara utuh, lalu perlahan bangun dan duduk, santai sejanak – konsumsi biskuit juga disarankan untuk mencegah mual di pagi hari. Andalan saya, konsumsi teh lemon saat pagi dan air jahe rebus di siang hari, tidak perlu konsumsi makanan dalam jumlah banyak. Ingatkan diri sendiri tentang beberapa hal berikut: Makan dalam jumlah sedikit tapi sering dan tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong sehingga perlu konsumsi makanan setiap 2 jam sekali. Kenapa? Karena kondisi perut kosong akan memicu reaksi mual selama masa kehamilan.

Thank you Farah atas sharingnya! Mamas to be yang sedang menjalani masa kehamilan pertama, pay attention to this: Setiap calon mama memiliki bentuk reaksi yang berbeda terhadap kehamilan pertama. Yakinlah bahwa dengan berfokus pada hal – hal positif (Baca: 5 Cara Menjalani Kehamilan Positif) , kehamilan Anda akan terasa lebih nyaman. Seperti yang diungkapkan oleh Farah, “Dalam kasus saya, sekalipun sering merasakan morning sickness, salah satu hal yang tetap saya usahakan untuk dilakukan adalah bekerja. Karena justru aktivitas itulah yang dapat meredam rasa tidak nyaman yang kerap dirasakan saat hamil, berinteraksi dengan teman atau berkonsentrasi pada hal lain yang lebih positif.” You are happy, healthy, and pregnant! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. dr. Farrah, Instagram @farrahalgadri)

Shares