Career

7 Tip Merapikan Meja Kerja

By  | 

Mamas, bagaimana penampilan meja kerja Anda? Apakah dipenuhi dengan kertas dan file-file yang menumpuk tinggi? Apakah Anda juga sudah mulai kesulitan mencari file atau bahkan harus terlebih dahulu mengacak-acak tumpukan kertas di meja hanya sekedar untuk mencari pulpen? Bila jawabannya ‘Ya’, maka sudah waktunya bagi Anda untuk merapikan meja kerja Anda!

Tak hanya enak dipandang, meja yang rapi dan bersih juga terbukti dapat meningkatkan fokus dan produktivitas seseorang saat bekerja. Jadi, yuk rapikan meja kerja Anda untuk memperbaiki mood dan semangat kerja Anda di pagi hari sebelum mulai bekerja. Apa saja tipsnya? Simak ulasannya berikut ini.

Woman browsing a ring binder

1. Tentukan tatanan meja sesuai dengan kebutuhan. 

Bagaimana rutinitas Anda di pagi hari, Mams? Jika Anda selalu memulai hari dengan menulis to-do-list, maka letakkan alat tulis dan notepad di tempat yang mudah diraih. Namun jika Anda memulai hari dengan membuka email, maka berikanlah space yang cukup bagi keyboard Anda agar meja Anda tak terasa sempit. Menurut Tikva Morrow, salah satu editor Hometalk, tak selalu meja yang rapi cocok dengan gaya bekerja Anda. Jadi sesuaikan penataan meja dengan gaya bekerja Anda.

2. Jangan lupakan tempat sampah.

Terlihat sepele, namun tempat sampah juga bisa membantu meja kerja Anda tetap bersih. Untuk lebih tepatnya, bersih dari tumpukan kertas-kertas tak terpakai yang lupa Anda buang karena sedang tanggung mengerjakan sesuatu.Dengan adanya tempat sampah ini, tak ada alasan bagi tumpukan kertas-kertas sampah tetap berada di meja Anda.

3. Rapikan kabel. 

Kabel-kabel laptop, PC, telepon dan sebagainya, akan merusak pemandangan meja Anda. Gunakan cable holderuntuk merapikannya ya, Mams.

Accountant at work

4. Rapikan dokumen. 

Walaupun kini segalanya serba digital, namun Anda pasti masih memiliki beberapadokumen-dokumen fisik. Pastikan Anda menyusunnya dengan rapi berdasarkan jenis filenya.

5. Beri label. 

Bila Anda memiliki laci untuk menyimpan dokumen, labeli dokumen-dokumen Anda. Begitupula dengan laci-laci tempat Anda menyimpan dokumen-dokumen tersebut, beri nama sesuai isinya. Selain lebih mudah dicari, Anda pun akan menghemat banyak waktu saat mencari dokumen yang dibutuhkan.

6. Sediakan wadah untuk pernak-pernik Anda. 

Satukan klip kertas, karet gelang, sticky flag, dan pernak-pernik kecil pendukung kerja Anda yang lainnya dalam satu wadah. Ini akan memudahan Anda nantinya ketika membutuhkan klip kertas dan yang lainnya. Meja pun jadi lebih rapi.

7. Dekor meja Anda. 

Pajangan kecil seperti bingkai foto bersama keluarga atau tanaman mungil dapat membuat meja jadi lebih berwarna. Dekorasi sederhana ini bisa membuat meja kerja Anda tampil beda lho, Mams.

Mumpung masih awal tahun, pas sekali hal ini dilakukan setelah libur dan awali tahun 2017 dengan meja ‘baru’ dan semangat baru! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares