Parenting

Film “Sing”, Ajarkan Percaya Diri Pada Anak

By  | 

Film animasi yang diperuntukkan bagi semua umur seringkali dapat memberikan pelajaran tersendiri bagi anak – anak, tidak terkecuali film yang baru saja dirilis pada akhir tahun 2016 berjudul “Sing”. Film produksi Universal Pictures yang kini tengah tayang di bioskop – bioskop terdekat ini diperankan oleh nama – nama besar yang tak asing lagi, mulai dari Matthew McCounaghey, Scarlet Johansson, hingga mama dari 3 anak Reese Witherspoon.

reese w
Film ini bercerita tentang seekor koala bernama Buster Moon (Matthew McConaughey), hidup di dunia hewan yang sedang menjalani bisnis teater, namun tengah berada di ambang kebangkrutan. Ia dan sahabat, Eddie (John C. reily) akhirnya memutuskan untuk mengadakan kompetisi menyanyi terbesar di dunia dan menarik minat berbagai kalangan untuk menunjukkan minat dan bakatnya dalam menyanyi, termasuk Rosita (Reese Witherspoon) hingga Johnny (Taron Egerton). Johnny adalah seekor gorila yang tidak ingin mengikuti jejak ayahnya sebagai kriminal, ia senang menyanyi dan ingin menjadi seorang penyanyi. Melalui kompetisi ini, ia ingin meyakinkan sang ayah dan keluarga bahwa dirinya bisa mewujudkan mimpinya sebagai seorang penyanyi.


Nah, melalui film ini, tentu ada banyak hal positif yang dapat Anda ajarkan kepada Si Kecil  ya, Mams. Mulai dari keberanian untuk mengambil kesempatan positif seperti yang dilakukan oleh Buster dengan ide kompetisi menyanyi yang ia adakan, keberanian Johnny untuk mengikuti kompetisi menyanyi dan memperjuangkan keinginan serta cita – citanya, hingga menyaksikan bagaimana Johnny merasakan kepercayaan dirinya terus tumbuh dari waktu ke waktu.

johny
Berdasarkan pengalaman para Smart Mama, cara – cara berikut juga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil.

“Anak saya suka sekali menyanyi. Sejak kecil ia memang sudah mulai bisa menghafal lirik lagu. Nah, salah satu cara yang berhasil kami lakukan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya adalah dengan tidak mengejeknya. Sering sekali kami melihat anak – anak yang sudah berani menyanyi oleh orangtuanya kemudian diejek. Sekalipun hanya untuk bercanda, tapi efek yang ditimbulkan bisa memengaruhi mereka, lho. Pernah beberapa kali Arleen jadi malu dan tidak mau menyanyi di depan kerabatnya setelah diejek begitu. Saat ia menyanyi, kami memilih untuk menjadi penonton yang baik; and it works.” – Tasya, Mama dari Arleen (5 th).

“Saya sudah nonton film “Sing” berdua dengan Dio. Ia banyak sekali bertanya tentang Johhny, mengapa ayahnya tidak mendukung keinginannya untuk menjadi seorang penyanyi, dsb. Melalui film ini, saya bisa menjelaskan bahwa Dio bisa belajar untuk lebih berani dan percaya diri dalam mengungkapkan keinginannya kepada kami. Anak – anak paham kok jika dijelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mendapatkan contoh langsung seperti saat menonton film ini.” – Desy, mama dari Dio (6 th). (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares