Career

5 Big No Saat Job Interview

By  | 
 Job interview bisa dibilang merupakan momen yang selalu bikin ‘deg-degan’. Bagaimana tidak, karena di sini adalah salah satu momen penentu apakah Anda kandidat yang potensial atau tidak di hadapan interviewer.
Karena itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin Mamas, dan hindari 5 hal berikut yang dapat membuat Anda mendapat nilai minus.
  • Tidak percaya diri. Tampil percaya diri adalah nilai plus bagi Anda. Berbicaralah dengan jelas dan tidak terbata-bata, melakukan kontak mata dengan interviewer saat berbicara, dan duduk dengan tegak namun tetap santai. Dan satu lagi, jadilah diri sendiri. Selain membuat Anda semakin percaya diri, cara ini juga dapat menarik perhatian sang interviewer.
  • Gelisah. Tahukan Anda dengan terlihat gelisah, dapat menandakan kalau Anda adalah tipe orang yang mudah gugup dan tidak dapat bekerja di bawah tekanan. Sebaliknya, terlihat tenang dan santai bisa memberi nilai tambah bagi Anda.
  • Bicara terlalu cepat ataupun berbelit-belit, akan membuat sang pewawancara kesulitan memahami apa yang Anda katakan. Bicaralah perlahan dan jelas saat wawancara. Dengan begitu, Anda akan dinilai memiliki sikap yang tegas dan dapat menyampaikan pendapat dengan baik.
  • Terlalu cepat membicarakan gaji. Akan ada saatnya Anda membicarakan gaji, tetapi yang jelas hal tersebut biasanya tidak terjadi di wawancara pertama. Pembicaraan mengenai gaji, cuti, dan asuransi biasanya akan dibicarakan setelah sudah diterima di pekerjaan yang diinginkan. Membahasnya terlalu cepat dapat membuat interviewer berpikir dua kali untuk merekrut Anda.
  • Salah Kostum. Pakaian dan makeup yang dikenakan saat wawancara memiliki peranan penting dalam penilaian lho, Mamas. Karena, penampilan para karyawan dapat mencerminkan seperti apa perusahaan itu. Jadi, cari tahu terlebih dahulu sebelum job interview, bagaimana penampilan para karyawan di perusahaan tersebut.(Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares