Education

Agar Si Kecil Mandiri Saat Ikut Field Trip

By  | 

Belajar tak hanya dapat dilakukan di dalam ruang kelas saja, tetapi bisa juga dengan terjun langsung ke suatu tempat wisata. Ini yang dimaksud dengan field trip. Kegiatan field trip ini, di beberapa sekolah menjadi agenda dalam kalender pendidikan sekolah anak. Dalam pelaksaaan fieldtrip, Anda diberikan pilihan untuk mendampingi Si Kecil  atau tidak. Ketika Anda mendampingi tentunya lebih terawasi, bagaimana jika tidak? Berikut adalah tip ketika Si Kecil belajar mandiri mengikuti fieldtrip

1. Cek kegiatan 
Ketika memutuskan untuk tidak mendampingi  field trip, tanyakan lebih detail kepada pihak sekolah, bagaimana pelaksanaan field trip, dari mulai berangkat, di perjalanan, atau di tempat wisata, dan perjalanan pulang.
2. Diskusikan 
Diskusikan dengan Si Kecil bahwa Anda tidak ikut serta, lihat bagaimana reaksi mereka. Ada anak yang tidak masalah dan ada juga yang masih takut bepergian apabila tanpa dampingan orangtua. Ajak anak Anda berbincang soal field trip, agar dia pun mendapatkan bayangan soal tempat tujuan. Berikan penjelasan yang akan mereka mengerti dan membuat mereka tenang dan senang tentunya.

3. Catat tanggal fieldtrip
Anda bisa mengajak Si Kecil bersenang-senang sebelum field trip. Buatlah kalender buatan sendiri untuk menandai tanggal sebelum hari keberangkatan.4. Persiapkan keperluan anak
Pihak sekolah akan memberikan daftar barang apa saja yang harus dibawa untuk field trip. Biasanya baju ganti, topi, makanan kecil selama perjalanan, jas hujan, dan lainnya.  Untuk catatan,  pastikan barang bawaan Si Kecil memakai nama di setiap barang yang dibawa, untuk menghindari tertukar dan hilang.
5. Periksa kelengkapan barang
Buatlah daftar barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal atau hilang saat di perjalanan.

6. Periksa kesehatan anak
Pastikan Si Kecil dalam keadaan sehat sebelum bepergian. Jangan paksakan untuk bepergian jauh jika kondisi kesehatan anak Anda kurang baik. Antisipasi juga dengan membawa obat-obatan sewaktu melakukan perjalanan.

7. Percaya kepada guru dan anak
Percayakan pengawasan selama field trip kepada guru yang bertugas. Berikan pengarahan pada Si Kecil untuk selalu berkomunikasi dengan guru ketika mengalami kesulitan atau kebingungan selama kegiatan field trip. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares