Career

4 Tip Menolak Tawaran Kerja Secara Profesional

By  | 

Mams, pernahkan Anda menerima tawaran kerja melalui email? Lalu, bila memang Anda tidak atau belum tertarik dengan pekerjaan yang ditawarkan, bagaimana reaksi Anda? Tentunya, ini adalah hak Anda apakah Anda berniat menerima atau menolak pekerjaan yang ditawarkan. Namun melakukan penolakan tawaran kerja sebaiknya juga perlu diperhatikan, jangan sampai hal tersebut membuat reputasi Anda menjadi buruk karena cara penolakan yang tidak profesional.

Tawaran pekerjaan melalui email seperti ini biasanya dilakukan oleh jasa pencari tenaga profesional atau pihak personalia dari perusahaan. Dan bila Anda belum tertarik dengan tawaran yang diberikan, maka sebaiknya reaksi yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Jawab email.

Sebaiknya, Anda segera membalas email tersebut. Akan lebih baik bila Anda segera memberikan jawaban apakah Anda menerima, mempertimbangkan, atau menolak pekerjaan yang ditawarkan. Dengan begitu, walaupun anda menolak tawaran yang diajukan, namun Anda telah membantu tenaga recruiter tersebut dalam menjalankan pekerjaannya dan memberikan waktu kepada perusahaan rekruiter untuk mencari kandidat lainnya.

iStock_000067340027_Medium-e1467121635321

2. Beri Kepastian.

Bila awalnya Anda mencoba untuk mempertimbangkan pekerjaan yang ditawarkan, maka jangan terlalu lama mengambil keputusan. Segera informasikan bahwa Anda tertarik atau memang tidak dapat menerima pekerjaan yang ditawarkan. Jangan menggantung atau tidak memberi kepastian. Selain menghambat pekerjaan mereka, Anda juga akan mendapat penilaian buruk di mata mereka.

3. Sebutkan alasan penolakan Anda.

Sebelum menolak tawaran yang diberikan, sebaiknya Anda mengucapkan terima kasih erlebih dahulu atas kesempatan yang telah diberikan. Selanjutnya, Anda bisa memberikan alasan penolakan Anda. Cukup singkat saja tanpa berbelit-belit ya, Mamas. Hindari pula memberikan alasan-alasan bersifat objektif terhadap perusahaan yang menawarkan anda pekerjaan baru.

4. Jalin relasi.

Perusahaan apa pun dan dimana pun, pasti memiliki jaringan yang baik antara satu dengan yang lainnya. Karena itu, sebaiknya Anda bersikap baik dan profesional ketika menolak sebuah tawaran pekerjaan. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada reputasi Anda, terlebih jika yang menawarkan pekerjaan adalah sebuah perusahaan jasa pencari tenaga profesional, mereka tentunya akan menyeleksi setiap calon tenaga kerja dengan baik dan tentunya yang memiliki citra buruk akan di black list(Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares